Jakarta, Aktual.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Ben Mboi di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam pidatonya, Jokowi menekankan bahwa RSUP dr. Ben Mboi merupakan fasilitas kesehatan terbesar di wilayah timur Indonesia.

“Pagi hari ini kita segera akan meresmikan RSUP dr Ben Mboi, ini adalah RS terbesar di Indonesia bagian timur, utamanya di NTT, menempati lahan seluas 14 hektare dan bangunannya sendiri 35 ribu meter persegi,” ungkap Jokowi di Kupang, NTT, Rabu (6/12).

Jokowi memberikan pujian terhadap peralatan medis canggih di RSUP dr. Ben Mboi yang sangat modern, mencakup mulai dari magnetic resonance angiography (MRA) hingga CT Scan.

“Saya berpikir, ini yang mengoperasikan ada nggak? Karena peralatannya betul-betul super modern, mestinya nantinya bisa kerjasama dengan rumah sakit yang lain,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, CT scan di RSUP dr. Ben Mboi memiliki nilai sebesar Rp 20 miliar. Beliau berharap bahwa peralatan modern yang dimiliki oleh RSUP dr. Ben Mboi dapat dijaga dan dirawat dengan baik..

“Dan (RSUP dr Ben Mboi) juga bisa meningkatkan pelayanan kesehatan di masyarakat, tidak usah jauh-jauh ke Jakarta, cukup di sini bisa ditangani dan yang paling penting penambahan SDM, utamanya dokter spesialis dan sub spesialis, segera harus dikejar agar kekurangan yang ada bisa segera dipenuhi,” ujarnya.

“RS ini menghabiskan anggaran kurang lebih Rp 420 M, tepuk tangan dong. Ini anggaran gede banget Rp 420 M itu, (masa) nggak ada tepuk tangan,” imbuhnya.

Jokowi menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pimpinan DPR RI yang ikut hadir dalam acara peresmian tersebut, termasuk di antaranya Wakil Ketua Komisi IX DPR, Emanuel Melkiades Laka Lena.

“Dengan memohon ridho, berkah, dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa pada pagi hari ini saya resmikan RSUP dr. Ben Mboi Kupang NTT,” ucap Jokowi.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Yunita Wisikaningsih

Tinggalkan Balasan