Ilustrasi bibit kelapa genjah
Ilustrasi bibit kelapa genjah

Jakarta, Aktual.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah akan menyiapkan industrialisasi sebagai langkah lanjutan dari penanaman kelapa genjah, saat meninjau program tersebut di Desa Sanggang, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (11/8).

“Yang paling penting setelah ini ditanam, disiapkan juga industrialisasinya, karena kelapa ini bisa dipakai untuk gula semut, bisa untuk minyak kelapa. Nah ini (industrialisasi) disiapkan di sini, di setiap desa yang ada kelapa genjah-nya dalam jumlah yang banyak,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers seusai kegiatan yang disiarkan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden., Kamis (11/8).

Presiden Jokowi mengingatkan program penanaman kelapa genjah itu hasilnya baru akan terasa setelah 2,5 hingga 3 tahun kemudian, dimana nantinya satu pohon diperkirakan bisa menghasilkan 140-180 buah kelapa.

“Ya kalau kita menanam secara nasional satu juta ya kalikan saja hasilnya berapa,” ujar Presiden Jokowi.

Menurutnya, industrialisasi sebagai tindak lanjut penanaman kelapa genjah setidaknya menimbulkan dua manfaat utama. “Pertama, ada tambahan income (pendapatan) untuk masyarakat. Yang kedua tanah-tanah yang tidak produktif, pekarangan, kebun, dan lain-lain, bisa ditanami kelapa genjah ini,” kata Presiden Jokowi.

(Arie Saputra)