Pemimpin Samsung Group Jay Y. Lee ditahan terkait tuduhan perannya dalam skandal korupsi yang mengguncang level kekuasaan tertinggi di Korea Selatan. (ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Presiden Korea Selatan Park Geun-hye berkomplot dengan temannya, Choi Soon-sil, untuk menerima suap dari Samsung Group, kata pernyataan jaksa khusus pada Senin (6/3).

Kantor kejaksaan khusus mengatakan bahwa suap tersebut untuk memperkuat kedudukan kepala Samsung Group, Jay Y Lee, di perusahaannya.

Dalam pernyataan tertulis merinci temuan penyelidikan itu, kantor kejaksaan khusus mengatakan bahwa badan usaha negara, National Pension Service, yang memiliki sebagian saham Samsung, menyetujui penggabungan dua anak perusahaan Samsung Group pada 2015 meski harus rugi 119,87 juta dolar AS.

Penyelidikan itu untuk mencari bukti penyalah-gunaan wewenang, yang melibatkan Park, perempuan presiden, yang dimakzulkan parlemen Korea Selatan pada Desember setelah dituding berkomplot dengan teman masa kecilnya, Choi.

(Nebby)