Yogyakarta, Aktual.com – Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) Poppy Sulistyaning Winanti menyebutkan aktris sekaligus sineas muda Prilly Latuconsina bakal menjadi dosen praktisi di kampus setempat.

“Kajiannya yang coba ditawarkan atau diajarkan Mbak Prilly ini kajian selebritas namanya, yang di ilmu komunikasi,” ujar Poppy di Kampus UGM, Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, Prilly menjadi dosen praktisi di UGM lewat Program Praktisi Mengajar yang telah diluncurkan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim.

Dalam program itu, dikatakan Poppy, Prilly selaku praktisi mengajukan diri untuk bisa mengajar yang kemudian oleh sistem akan dipertemukan dengan kampus yang sesuai.

UGM, kata dia, merupakan salah satu kampus yang sesuai dengan kajian yang ditawarkan pemeran Niskala dalam film Kukira Kau Rumah itu. “Saya bilang kenapa nggak,” ucap Poppy.

Praktisi mengajar yang digagas Mendikbudristek, menurutnya, merupakan program yang menarik karena mahasiswa bisa mendapatkan ilmu lebih dari orang sesuai bidang yang digeluti.

Karena itu, menurut dia, terkait mata kuliah kajian selebritas akan lebih pas apabila yang mengampu adalah selebritinya langsung.

Dengan cara itu, ia berharap mahasiswa tidak hanya mendapat teori dari dosen tetapi mereka juga mendapatkan gambaran langsung dari praktisi di lapangan.

“Dosennya kan bukan selebriti jadi pas to. Kan menarik juga kalau praktisi bisa mengajar,” ujar dia.

Berdasarkan informasi sementara, Poppy menyebut Prilly bakal mengajar di UGM pada pekan depan.

“Tanggal belum, minggu depan. Saya nggak tahu ya, tapi kayaknya kemarin yang bersangkutan tidak bersedia dibuka untuk umum sih (perkuliahannya),” katanya.

(Antara)

(Nurman Abdul Rahman)