Makassar, aktual.com – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan  Andi Sudirman Sulaiman mengatakan program operasi Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) bersinergi dengan Kementerian Pertanian telah berhasil mengairi 6.000 hektar sawah tadah hujan di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap).

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman didampingi Bupati Sidrap Dolla Mando, meninjau program ‘Serasi’ di Kelurahan Wattae, Kecamatan Panca Lautang, dan Kelurahan Sidenreng, Kecamatan Watan Sidenreng, Kabupaten Sidrap, Rabu (8/1).

“Dulu petani hanya bisa berharap cemas ketika hujan potensi banjir, ketika kemarau kekeringan. Saat ini, saat kekeringan pun air tetap ada dengan sawah dari hasil normalisasi sungai dan sungai buatan, terhubung dengan danau,” ucap Andi Sudirman.

Menurutnya, pengerukan empat sungai besar dan 20 sungai buatan ditarik dari Danau Sidenreng ke persawahan, membuat petani bisa dekat dengan air sehingga mudah dipompa menuju sawah.

Ia berharap agar program ini tetap dilanjutkan, karena manfaatnya bagi petani sangat besar.

Program ini dicanangkan oleh Andi Amran Sulaiman saat menjabat Menteri Pertanian. Salah satu proyeknya adalah di dua danau ini. Hasilnya pun memuaskan, karena setelah selesai hasilnya dinikmati oleh para petani. (Eko Priyanto)

(Zaenal Arifin)