Jakarta, Aktual.co —Mengantisipasi ancaman banjir di musim hujan yang akan segera tiba, proyek penambahan pintu air Manggarai yang sudah dimulai sejak Agustus 2013 lalu, direncanakan akan segera rampung di akhir tahun 2014 ini.
Pelaksana lapangan proyek dari PT Jaya Konstruksi, Parjito, mengakui pengerjaan proyek pembangunan satu pintu air memang molor lantaran terkendala beberapa hal. 
Salah satu kendalanya ada di pekerjaan inti. Yakni memasukkan jacking box (pipa besar) yang didorong ke bawah tanah yang berada tepat di bawah rel kereta api Manggarai. Karena jacking box itu harus cetak di luar, setelah itu baru didorong. 
“Kalau dimasukkan tanah di atas bisa tergeser. Jadi saat tanah turun distabilkan lagi dan diganjal-ganjal batu. Tidak seperti di pintu air karet yang sudah dicetak di dalamnya,” kata Parjito kepada Aktual.co, Selasa (4/11).
Parjito menambahkan, pekerjaan inti sebenarnya mudah dan cepat dikerjakan. Kalau saja pembuatan ‘Jacking Box’ itu dilakukan langsung di tempat. 
“Yang lama itu metode kerjanya mas. Seperti kita bentengi dulu semua supaya air tidak masuk. Kita kerja di bawah air soalnya,” tambah Parjito.
Dijelaskannya, pengerjaan proyek pintu air itu adalah untuk memajukan pintu air sejauh 19 meter dari dua pintu air yang lama. Untuk pengerjaannya melibatkan 100 pekerja yang dibagi jadi dua shift. 

()