Ilustrasi- Logo PSSI

Jakara, Aktual.com – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memohon pemerintah Indonesia agar mengizinkan Liga 1 Indonesia 2022-2023 bergulir kembali.

“Saya mohon agar segera. Kami sudah memaksimalkan semuanya,” kata Iriawan di Jakarta, Selasa (8/11).

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menegaskan PSSI siap mengikuti arahan pemerintah untuk kelanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023, termasuk soal format.

Yang penting, menurut Iriawan, Liga 1 berjalan lagi karena banyak orang yang menggantungkan hidup dari kompetisi ini.

“Kasihan mereka kalau kompetisi berhenti. Pemain, karyawan,¬†kit man, pedagang UMKM, benar-benar kesusahan,” kata purnawirawan polisi berpangkat akhir Komisaris Jenderal itu.

Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) sudah mengungkapkan keluhannya atas kelanjutan kompetisi saat mengunjungi Kantor PSSI, Jakarta, Selasa (8/11).

Menurut Presiden APPI Andritany Ardhiyasa, liga di Indonesia berkaitan langsung dengan hidup pemain.

“Ini menyangkut hidup para pemain. Kalau kondisi saat ini terus berlanjut (liga tidak berjalan) akan menjadi masalah baru. Kami juga sudah menyerahkan surat,” kata Andritany dalam laman PSSI, Selasa.

PSSI dan LIB belum memutuskan kapan meneruskan lagi Liga 1 yang dihentikan sementara sejak 2 Oktober 2022 karena peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang.

LIB memiliki tiga opsi tanggal dalam memulai lagi kompetisi, yakni 18 November, 25 November dan 2 Desember 2022.  Tetapi kapan itu, LIB menargetkan liga selesai pada 16 April tahun depan guna memberikan ruang untuk pelaksanaan Piala Dunia U-20 yang dimulai pada Mei 2023.

LIB berharap kepastian izin Liga 1 dari pemerintah bisa didapatkan sebelum Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT LIB di Jakarta pada 15 November 2022

(As'ad Syamsul Abidin)