Banda Aceh, Aktual.com – Puluhan prajurit TNI yang bertugas di Komando Distrik Militer (Kodim) 0103/Aceh Utara menjalani tes urine untuk mengetahui apakah menggunakan narkotika dan obat terlarang atau tidak.

Komandan Kodim (Dandim) 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto, di Lhokseumawe, Rabu (16/6), mengatakan tes urine tersebut dilakukan untuk memberantas penyalahgunaan narkoba di kalangan prajurit TNI.

“Kegiatan ini dilaksanakan di Makodim Aceh Utara ini dalam rangka penyuluhan bahaya penggunaan narkoba bagi prajurit, dan direncanakan akan dilakukan secara bertahap,” kata Letkol Arm Oke Kistiyanto.

Ia mengatakan sebelum menjalani tes urine, puluhan prajurit tersebut mengikuti sosialisasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

Selain itu, kata Letkol Oke Kistiyanto, pemeriksaan narkoba bagi prajurit TNI tersebut dilakukan menindaklanjuti instruksi pimpinan yang menyatakan perang dan berkomitmen dalam memberantas narkoba.

“Kegiatan ini sudah menjadi komitmen sekaligus peran aktif TNI dalam memberantas narkoba di lingkungan TNI. Jika ada yang positif tentu akan ditindak sesuai ketentuan hukum,” katanya pula.

Letkol Oke Kistiyanto berharap dengan diadakan penyuluhan dan pemeriksaan urine secara rutin bisa mencegah prajurit dari peredaran penyalahgunaan narkoba

“Dari hasil tes urine terhadap puluhan prajurit TNI di jajaran Kodim Aceh Utara dinyatakan negatif. Kami harus memastikan bahwa prajurit TNI bersih dari penyalahgunaan narkoba, agar bisa fokus dalam melaksanakan tugas dengan baik,” kata Letkol Arm Oke Kistiyanto.(Antara)

(Warto'i)