Jakarta, Aktual.com —  Puncak Pekan budaya Sulawesi Tengah ke-14 kembali digelar sebagai bagian dari kegiatan Sail Tomini 2015 yang dipusatkan di Pantai Kayubura, Desa Pelawa Baru, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Minggu (13/9).

Pekan budaya kali ini mengusung tema laut sumber inspirasi kehidupan diikuti 12 kabupaten dan satu kota dan berlangsung hingga puncak pelaksanaan Sail Tomini, 19 September 2015.

Panas matahari yang menyengat di pusat wisata pantai Kayubura tersebut tidak menyurutkan antusias para kontingen dari kabupaten/kota mengikuti seremonial pembukaan yang lokasinya hanya bersebelahan dengan panggung utama Sail Tomini.

Selain menampilkan berbagai keunggulan budaya dan seni daerah masing-masing mereka juga menampilkan berbagai potensi wisata yang mengagumkan.

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Sudarto mengatakan melalui Pekan Budaya dan Pariwisata yang bertepatan dengan Sail Tomini tersebut dapat mendorong pariwisata di Sulawesi Tengah menjadi unggulan industri wisata di kawasan timur Indonesia.

Pekan budaya dan pariwisata Sulawesi Tengah tersebut menghadirkan sejumlah kegiatan seperti pameran produk kreatif, pemaran karya lukisan, kunjungan objek wisata, pertunjukan kolaborasi seni, dan berbagai pameran kebudayaan.

Seremonial pembukaan menghadirkan tari kolosal Tari Gavu Bukekatuvu (Laut Biru Sumber Kehidupan) dengan menampilkan 70 penari dari siswa-siswi SMA di Kabupaten Parigi Moutong.

Selain dari Sulawesi Tengah, sejumlah provinsi lain juga ikut berkontribusi dalam memamerkan produk keunggulan lokalnya seperti Gorontalo, Sulawesi Barat dan Kalimantan Timur.

Kegiatan tersebut menyedot perhatian masyarakat sekitar sehingga sebagian lokasi Sail Tomini dipadati masyarakat dari berbagai lapisan.

(Ant)

(Eka)