Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique

Jakarta, Aktual.com – Luis Enrique masuk daftar calon manajer permanen Manchester United, kata sejumlah sumber kepada ESPN.

Pelatih Spanyol ni dianggap oleh manajemen Old Trafford memiliki kredensial teknis dan rekam jejak yang hebat yang bisa membawa United kembali ke jalur sukses.

Pelatih berusia 51 tahun itu pernah membawa Barcelona meraih treble Liga Champions, LaLiga dan Copa del Rey pada 2015.

Dia menjadi pelatih berikutnya yang dipertimbangkan MU bersama pelatih Paris Saint-Germain Mauricio Pochettino dan manajer Ajax Erik Ten Hag.

Menurut sumber itu, Luis Enrique, Pochettino dan Ten Hag adalah nama-nama yang paling serius dipertimbangkan oleh United.

Luis Enrique sempat menepis rumor itu apalagi dia masih terikat kontrak melatih timnas Spanyol sampai Piala Dunia 2022 di Qatar.

Unitef tertarik kepadanya karena Enrique memiliki reputasi sebagai pelatih yang memainkan sepakbola menyerang yang atraktif dan juga menerapkan disiplin tinggi kepada skuadnya.

Enrique makin spesial karena sewaktu menjadi pemain dia juga pemain kelas atas.

United tidak memiliki manajer permanen sejak Ole Gunnar Solskjaer diberhentikan November lalu.

Michael Carrick kemudian menjadi pelatih sementara yang lalu dilanjutkan Ralf Rangnick yang mantan pelatih Schalke, Hoffenheim dan RB Leipzig, hingga akhir musim.

Rangnick akan mengambil peran konsultan selama dua tahun setelah masa jabatan sementaranya selesai dan akan membantu MU memberi saran dalam mencari manajer permanen.

United sudah lama meminati Pochettino, namun statusnya kini yang masih terikat kontrak dengan PSG membuat kepindahannya menjadi rumit.

Ten Hag juga terikat kontrak di Ajax hingga Juni 2023, tetapi itu tidak akan menjadi masalah bagi United karena hubungan jangka panjang dengan klub Belanda itu.

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)