Kendaraan pemudik merayap di pintu keluar tol Pejagan-Pemalang di Banjar Anyar, Brebes, Sabtu (11/7). H-6 tol Pejagang-Pemalang mulai dibuka pada pukul 10.00 WIB akibat jalur pantura mulai padat dan volume kendaraan pemudik meningkat. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/asf/foc/15.

Pemalang, Aktual.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menegaskan jalur tol Pemalang-Batang dipastikan siap untuk dilalui pemudik kendaraan, meski jalan itu masih bersifat fungsional.

Pada kesempatan itu, Menteri Basuki Hadimuljono bersama Menetri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Kapolda Jateng, Irjen Condro Kirono juga melakukan peninjauan pengecekan rest area yang terdapat di dua lokasi yaitu Kelangdepok Pemalang dan Candiareng Kabupaten Batang.

Dia mengatakan mulai exit tol Gandulan hingga rest area Kelangdepok Kabupaten Pemalang memiliki panjang sekitar 17 kilometer. Adapun kondisi jalan tol sepanjang 13 kilometer, kata dia, sudah di aspal dan sekitar 4 kilometer masih berupa beton.

“Oleh karena, terkait kelayakan untuk tol fungsional, kami nyatakan layak dilalui meski para pengemudi dibatasi dengan kecepatan berkendara maksimal 60 kilometer per jam,” katanya.