Makassar, aktual.com – Pusat Halal Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dan Pemerintah Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, melaksanakan pertemuan dalam rangka mempercepat terbentuknya zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (KHAS) di Maros.

Ketua Pusat Halal Unismuh Makassar Dr Mahmud Nuhung di Makassar, Selasa (6/12), mengungkapkan Pusat Halal Unismuh siap menjadi mitra Pemkab Maros.

“Halal Center Unismuh Makassar akan mendukung Pemkab Maros dalam program yang terkait dengan industri dan produk halal,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan Pusat Halal Unismuh sedang mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk menjadi pendamping halal yang dapat membantu usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut, Sekretaris Pusat Halal Unismuh Safri Haliding Acc mengungkapkan, pihaknya berkomitmen menjalin sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan, salah satunya Pemkab Maros.

“Saya berharap kolaborasi antara Halal Center Unismuh dan Pemkab Maros akan mempercepat implementasi dari berbagai program yang dijalankan untuk pengembangan industri halal,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Maros HAS Chaidir Syam MH dalam pertemuan tersebut mengungkapkan dukungannya dalam pengembangan industri pariwisata halal di Kabupaten Maros.

“Kami siap untuk menjadi daerah percontohan untuk pengembangan pariwisata halal, karena di Maros sendiri sudah memiliki fasilitas yang memadai seperti akses ke bandara dan potensi wisatawan mancanegara yang cukup besar,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut dibahas kerjasama yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak dan akan ditindaklanjuti oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Perdagangan serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros yang akan terlibat langsung dalam implementasi kerjasama tersebut.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut yaitu Kepala Bagian Pemerintahan Maros Asrul SIP dan Kepala Bidang Pemerintahan Ardhiansyah SIP.

Sementara itu dari Halal Center yaitu Sekretaris Halal Center dr Ihsan Jaya SKed, Auliah Andika Rukman MH, Fakhruddin Mansyur MEI, serta Staff Halal Center M Yusuf K SE dan Firmansyah.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)