Moscow, Aktual.com – Presiden Rusia Vladimir Putin akan menemui Presiden FIFA yang telah mengundurkan diri Sepp Blatter di sela-sela undian Piala Dunia 2018, di tengah skandal korupsi yang mengancam Rusia menjadi tuan rumah hajatan besar sepak bola dunia itu.

“Pertemuan dengan Blatter itu diharapkan menjadi salah satu agenda pada ajang yang digelar di kota kedua Rusia Saint Petersburg,” juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada Kantor Berita Rusia, Selasa (21/7).

Rusia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, namun proses penawaran untuk turnamen itu, serta penawaran dari Qatar untuk Piala Dunia 2024, telah menjadi bagian dari pengawasan bersama Swiss dan AS atas investigasi korupsi yang terjadi di organisasi FIFA.

Moskow menggambarkan upaya AS yang memperlihatkan penangkapan para pejabat FIFA pada Mei sebagai upaya pihak Barat untuk melucuti hak Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Blatter, yang sempat dilempar dengan tumpukan uang dolar palsu oleh seseorang saat konferensi pers pada Senin (20/7), mengatakan ia mengundurkan diri bulan lalu hanya beberapa hari setelah terpilih kembali untuk masa jabatan kelima sebagai presiden FIFA.

FIFA akan memberikan suara pada penggantinya pada bulan Februari.

Putin telah mengucapkan selamat kepada Blatter pada pemilihan ulang dan memuji dia untuk “pengalaman, profesionalisme dan tingkat tinggi otoritas”-nya.

Undian awal, yang akan diselenggarakan di Istana Konstantin Saint Petersburg pada Sabtu malam, akan menentukan kelompok negara-negara untuk kualifikasi benua Piala Dunia.

Perwakilan dari sekitar 140 asosiasi sepak bola, serta pemain dan mantan-mantan bintang diperkirakan akan hadir.

()

()