Jakarta, Aktual.co — Presiden Rusia Vladimir Putin, meminta Eropa untuk membantu Kiev membayar utang gas pada Moskow paskapembicaraan dengan mitra Ukrainanya, Petro Poroshenko.
“Kami menganggap bahwa mitra Eropa kami, Komisi Eropa, juga bisa dan harus menolong Ukraina untuk menyelesaikan masalah ini,” kata Putin kepada wartawan, Jumat (17/10) waktu setempat.
Putin mengatakan bahwa Eropa bisa menawarkan Ukraina pinjaman atau jaminan dari bank Eropa “tingkat pertama” untuk melunasi perkiraan utang gas Kiev senilai 3,5 miliar dolar (2,7 miliar Euro).
Pemimpin Rusia itu mengatakan bahwa kemajuan telah dibuat setelah ia dan Poroshenko menyetujui syarat untuk memulai kembali pasokan gas ke Ukraina musim dingin ini.
“Kami sepakat dengan mitra Ukraina kami terkait syarat untuk memperbaharui pengiriman gas ke Ukraina setidaknya pada musim dingin, kami menyepakati semua parameter untuk kesepakatan itu,” katanya.
Poroshenko, sementara itu, mengatakan ia dan Putin belum mencapai “hasil praktis apapun terkait masalah gas itu” tetapi ia berharap kesepakatan tersebut bisa tercapai pada 21 Oktober saat putaran baru pembicaraan gas direncanakan dilakukan dengan Uni Eropa.
Rusia memotong pengiriman gas ke Ukraina pada Juni dan mengancam untuk memblokir pasokan gas ke Uni Eropa jika anggotanya menyalurkan gas ke Ukraina.

()