Jakarta, Aktual.com – Scuderia Ferrari mengonfirmasi bahwa Kimi Raikkonen akan meninggalkan tim balapan Formula 1 asal Italia itu pada akhir musim 2018, untuk bergabung dengan tim Sauber di musim balapan selanjutnya.

“Sebagai juara dunia bagi Scuderia Ferrari, dia akan selalu menjadi bagian dari sejarah dan keluarga tim ini. Kami ucapkan terima kasih kepada Kimi untuk semuanya dan mendoakan dia dan keluarganya masa depan yang sejahtera,” tulis Scuderia Ferrari dalam laman resmi Formula1.com, Selasa (11/9).

Tim Sauber, yang merupakan tim pertama Raikkonen melakukan debut membalap di Formula 1 pada 2001, mengontrak Raikkonen untuk dua musim, 2019-2020.

Raikkonen bertukar tempat dengan pebalap Sauber Charles Leclerc, yang akan membalap untuk Ferrari bersama Sebastian Vettel.

Raikkonen pertama kali bergabung dengan Ferrari setelah pindah dari McLaren pada 2007 dan merebut gelar juara dunia F1 pada tahun yang sama.

Pada 2009, Raikkonen meninggalkan Ferrari dan balapan Formula 1 untuk bergabung selama dua musim mengendarai Citroen di kejuaraan reli dunia WRC.

Pebalap asal Finlandia itu kembali ke Formula 1 pada 2012 bersama tim Lotus, dan berhasil memenangi dua balapan bersama tim tersebut.

Pada 2014 Raikkonen bergabung kembali dengan Ferrari menggantikan Felipe Massa untuk membalap bersama Fernando Alonso waktu itu.

Mengumumkan kepindahannya ke Sauber, Raikkonen melalui akun Twitternya menulis “Tebak siapa yang kembali?! Dua tahun ke depan dengan @sauberf1team! Terasa sangat bagus bisa kembali ke tempat semuanya dimulai!”

 

Ant.

()