Jakarta, Aktual.com – Tahukah Anda, ada salah satu HP Samsung terbaru 2021 yang cukup multifungsi. Ini adalah Samsung Galaxy A02. Selain itu ada juga dari merek Oppo, yaitu Oppo A53. Bisa dikatakan keduanya multifungsi karena memang sangat lengkap baik dari segi fitur, software, dan juga dimensi dan bentuknya. Berikut adalah beberapa info tentang HP tersebut.

Samsung Galaxy A02

Smartphone ini mengunggulkan baterai jumbo berkapasitas 5000 mAh guna menemani aktivitas user seharian.

Dilengkapi layar PLS Infinity-V Display yang berukuran 6,5 inci serta resolusi HD+. Menonton video di layar yang lebar tersebut makin terasa asik. Apalagi berkat adanya teknologi suara Dolby Atmos.

Di sektor kamera, HP ini dilengkapi Dual Camera. Terdiri dari Kamera Utama resolusi 13 MP juga Kamera Macro sebesar 2 MP yang disematkan di panel belakangnya. Sementara untuk bagian depan, terdapat kamera selfie resolusi 5 MP.

Untuk performa smartphone Samsung Galaxy A02 memakai prosesor jenis Mediatek MT6739W. Ditambah dukungan RAM 3 GB serta ROM 32 GB.

Oppo A53

OPPO secara mengejutkan meluncurkan smartphone seri A53 ke Indonesia dengan pengumuman resmi pada 20 Agustus 2020. Ponsel mid-range tersebut menghadirkan berbagai fitur unggulan. Khususnya di bagian layar serta baterainya.

Perusahaan asal China tersebut kemudian merilis secara resmi ponsel terkininya yakni OPPO A53 di Indonesia. Para pecinta gadget pun cukup antusias menyambut perilisan smartphone tersebut.

Teknologi terkini tersebut tertanam pada layar beresolusi 720 x 1.600 piksel. Layar smartphone ini pun memiliki aspect ratio 20:9.

Dan benar saja, ketika digunakan, layar yang mendukung refresh rate sampai 90 Hz tersebut bisa amat terasa halus. Terutama saat menggeser halaman pada menu utama smartphone.

Entah itu ketika pengguna tengah berselancar di dunia maya, maupun membuka sosial media. Pergerakan layar saat disentuh juga terasa lebih nyaman serta responsif. Pengalaman visual yang dirasakan pengguna pun tentu akan lebih mengasyikan.

Smartphone ini telah terkoneksi dengan berbagai satelit seperti A-GPS, GLONASS, BDS, serta GALILEO.

GPS (Global Positioning System) adalah alat atau sistem navigasi berbasis satelit. Gunanya untuk melacak posisi objek khusus atau memetakan posisi spesifik di peta digital. Pengontrol mengirimkan data serta melakukan sinkronisasi waktu antara satelit.

Satelit GPS/GLONASS/BeiDou akan memancarkan sinyal. Anda dapat mengumpamakan mereka layaknya stasiun pemancar radio FM. Sedangkan smartphone sebagai radio yang menangkap siarannya. Tiap satelit akan memberikan data posisi serta waktu satelit saat mencapai posisi yang dikirimkan.

Dengan “mendengarkan” laporan yang berasal dari satelit-satelit tersebut, sistem navigasi smartphone mampu memperhitungkan di mana letaknya di muka bumi ini. Pastinya, diperlukan minimal 4 satelit agar dapat mengetahui posisi secara baik.

Makin banyak satelit yang didengarkan, maka akan semakin akurat pula hasil akhir perhitungannya. Sebagai acuan, GPS mampu mencapai akurasi lokasi mencapai radius 2 meter saja pada permukaan bumi.

Specific Absorption Rate (SAR) merupakan ukuran tingkat energi diserap tubuh manusia saat terkena medan elektromagnetik RF (frekuensi radio). Pada ponsel ini nilainya 0,77 W/kg pada kepala dan 0,97 W/kg pada badan.

Dari kedua smartphone di atas, apakah Anda lebih memilih HP Samsung terbaru 2021 atau dari brand Oppo? Keduanya tentu sama-sama bagus dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Fiturnya pun sama-sama lengkap dan sangat mumpuni bukan?

(Nurman Abdul Rahman)