Ilustrasi nasi daun jeruk (ANTARA/Shutterstock/JanuariusRudy)

Jakarta, aktual.com – Nasi merupakan salah satu makanan pokok orang Indonesia yang wajib ada di meja makan. Namun, jika ingin mencoba sesuatu yang berbeda, Anda bisa menyiapkan nasi gurih daun jeruk untuk menu berbuka puasa.

Nasi gurih adalah nasi yang berasal dari aceh. Nasi ini dimasak dengan santan dan ditambah bumbu rempah-rempah sehingga gurih dan beraroma.

Cara membuat nasi gurih daun jeruk pun cukup mudah dan dapat dilakukan cepat. Dikutip dari resep masak Rudy Choirudin di kanal YouTube Galeri Rasa pada Minggu (10/4), berikut ini adalah bahan yang dibutuhkan dan langkah-langkah membuat nasi gurih.

Bahan 1:
800 g beras yang sudah dicuci bersih
2 batang serai dimemarkan
10 lembar daun jeruk
1 sdm bubuk kaldu ayam
1 sdt garam
1 liter air
Cabai rawit sesuai selera

Bahan 2:
4 siung bawang putih
4 sdm minyak kelapa

Cara membuat

Langkah 1:
– Panaskan 4 sdm minyak kelapa ke dalam wajan.
– Masukkan 4 siung bawang merah yang sudah dicincang. Tumis hingga warna kekuningan, kemudian matikan dan tambahkan sedikit air putih.

Langkah 2:
– Masukkan 800 g beras ke dalam rice cooker atau magic com.
– Tambahkan 2 buah serai yang sudah dimemarkan, 10 lembar daun jeruk yang sudah dihilangkan batangnya dan dirajang halus.
– Masukkan juga 1 sdm kaldu ayam, 1 sdt garam dan tumisan bawang putih.
– Tuang 1 liter air putih dan aduk rata agar semua bumbu dan bahan tercampur.
– Pada bagian akhir, masukkan cabai rawit utuh tanpa menghilangkan batangnya agar rasa pedas tidak menyebar ke seluruh nasi.
– Tutup rice cooker dan masak seperti memasak nasi biasa.

Jika sudah matang, Anda bisa menghidangkan nasi gurih daun jeruk bersama dengan sambal goreng kentang, ayam goreng, serundeng, telur dadar, bawang goreng dan kerupuk atau menu lain sesuai selera.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)