RI Resmi Gabung OPEC (Aktual/Ilst.Nelson)

Jakarta, Aktual.com — Direktur Hulu PT Pertamina (Persero), Syamsu Alam mengapresiasi langkah pemerintah yang telah resmi bergabung kembali sebagai anggota aktif Organisasi Negara Eksportir Minyak (Organization of Peroleum Exportir Countries/OPEC).

Menurutnya, dengan begitu pastinya banyak keuntungan yang didapatkan Indonesia untuk memenuhi kebutuhan minyak nasional.

“Syaratnya ekspor apa? Produksinya banyak. Sebelumnya kan benefitnya seperti yang dikatakan pak Sudirman (Menteri ESDM) kan bukan hanya masalah kita mengekspor minyak. Tapi kan kita ada networking benefitnya,” kata Syamsu saat ditemui di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (7/12).

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto menambahkan, dengan masuk OPEC, Indonesia bisa melakukan pendekatan-pendekatan kepada negara produksi minyak dan menigkatkan efisiensi kegiatan bisnis Pertamina sendiri.

“Sehingga impor kita harap bisa dapat deal langsung dan business to bussiness sehingga lebih efesien. Karena siapa saja yang di OPEC ini adalah yang punya kepentingan, tidak hanya yang jual tapi yang beli juga,” tutup dia.

(Arbie Marwan)