Solo, Aktual.com – Sebanyak 1.500 peserta dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti lomba balap sepeda Bank Jateng Tour de Borobudur 2022 hari kedua, yang diberangkatkan di halaman parkir Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (6/11).

Pada event hari kedua Tour de Borobudur 2022 yang diikuti oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tersebut rombongan peserta dilepas oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, dari Manahan Solo menuju kawasan Candi Borobudur Magelang, sekitar pukul 06.00 WIB.

Menurut Gibran event Tour de Borobudur tersebut digelar pascapandemi untuk menggenjot sport tourism. Dengan kegiatan ini, hotel-hotel di Solo menjadi ramai karena event digelar selama dua hari.

“Peserta tour yang penting banyak yang menginap di Solo untuk menggenjot kunjungan wisata,” kata Gibran.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Bank Jateng Tour de Borobudur XXII 2022, Hendra Darmanto mengatakan event Tour de Borobudur 2022 diikuti sebanyak 1.500 peserta dengan rute dari Stadion Manahan Solo menuju kawasan Candi Prambahan kemudian ke Tempel Sleman dan menuju kawasan Candi Borobudur Magelang.

Tour de Borobudur hari kedua ini, menempuh jarak sekitar 104 kilometer. Sedangkan, tour hari pertama Manahan-Boyolali-Borobudur, Jumat (5/11), menempuh jarak sekitar 135 km.

Peserta Tour de Borobudur secara nasional datang dari di seluruh Indonesia, yakni selain asal Jateng, ada Aceh, Palangkaraya, dan daerah di Pulau Jawa lainnya.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa dalam kegiatan Bank Jateng Tour de Borobudur XXII 2022 ini ada dua hal yakni sport dan tourism. Kegiatan ini selalu melintasi jalur baru beberapa kabupaten pada hari pertama mulai Manahan Solo ke Boyolali tempat sangat indah dan menantang, serta bagi goweser sangat senang dengan jalur ini.

“Pada hari kedua start dari Manahan Solo melalui desa-desa wisata yang untuk tour yang sangat menarik bagi goweser. Kami sudah mendorong untuk membuka pariwisata dengan event ini. Namun, saya ingatkan COVID-19 sedang naik, saya pastikan sudah booster dan memakai masker. Mudah-mudah sudah mengecek dalam kondisi sehat,” kata Ganjar.

(Warto'i)