Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

Jakarta, Aktual.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melarang kegiatan wisata, atau berpergian bagi warga DKI Jakarta ke Jawa Barat. Itu terkait pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total yang sudah ditetapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mulai Senin (14/9).

Ridwan menyoroti pergerakan warga Jakarta berkunjung ke tempat wisata Jawa Barat di akhir pekan.

“Kami megimbau kepada warga Jakarta, jangan dulu berpergian, berwisata ke Jawa Barat, ya. Karena itu (tempat wisata, red) hampir lebih 70 persen (wsiatawan, red) di Bogor kan, warga Jakarta,” kata Ridwan di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (19/9).

Ridwan kali ini nampak berlawanan dengan pernyataan pertamanya yang mengkhawatirkan kebijakan Anies untuk PSBB total karena dianggap mengancam ekonomi.

“Kalau gitu (tetap berwisata ke Jabar, red) kan, tidak mengetatkan (PSBB, red). Hanya memindahkan interaksi pergerakan (warga, red). Nah, itu yang sudah kami lakukan, koordinasi,” ucap Emil, sapaan mantan Wali Kota Bandung ini.

Akhir pekan lalu, Sabtu (12/9), Emil merespons negatif kebijakan Anies terkait PSBB total.

“Bursa saham turut terdampak pengumuman PSBB total (DKI Jakarta, red). Harga saham gabungan (IHSG) terperosok. Hampir Rp300 triliun lari gara-gara statement,” kata Emil di Gedung DPRD Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (12/9).(RRI)

(Warto'i)