Jakarta, Aktual.co — Moskow membantah pernyataan Amerika Serikat bahwa pihaknya setuju untuk berbagi intelijen dengan Washington atas kelompok Negara Islam (IS), dan mengatakan pihaknya tidak memberikan bantuan tersebut tanpa Persetujuan Dewan Keamanan PBB.
Pernyataan kementerian luar negeri Rusia bertentangan dengan deklarasi Menteri Luar Negeri AS John Kerry yang dibuat setelah pertemuan di Paris, Selasa, dengan timpalannya dari Rusia Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov.
“Moskow tidak akan bergabung dengan koalisi yang dibentuk tanpa dukungan dari Dewan Keamanan PBB, dan yang melanggar hukum internasional,” kata kementerian itu.
Ini menunjukkan bahwa komisi bilateral yang melibatkan Washington dan Moskow, yang bertujuan untuk membantu mengatasi terorisme telah dibatalkan oleh AS.
Moskow juga menambahkan bahwa pihaknya sudah memberikan bantuan yang signifikan untuk negara-negara termasuk Suriah dan Irak serta akan terus melakukannya.
Tampikan kepada Kerry tampaknya menggarisbawahi lagi keadaan penuh dari hubungan AS-Rusia, direndahkan oleh krisis Ukraina di mana pemberontak pro-Rusia memerangi pemerintah pro-Barat.
Kerry mengatakan pada Selasa bahwa ia dan Lavrov mencapai kesepakatan untuk mengintensifkan kerja sama intelijen sehubungan dengan ISIL (Negara Islam Irak dan Levant) dan tantangan kontra-terorisme yang lain.
Dia mengatakan Lavrov telah mengakui kesiapan mereka untuk membantu persenjataan, senjata, yang mereka lakukan itu sekarang, mereka sudah memberikan beberapa, dan juga berpotensi dengan pelatihan dan aspek sebagai penasihat.
AS telah memberlakukan sanksi terberat terhadap Moskow sejak akhir Perang Dingin atas dukungan kepada para pemberontak separatis di Ukraina.
Kedua belah pihak juga berselisih atas perang saudara di Suriah, di mana Moskow telah menjadi sekutu setia Presiden Bashar al-Assad.
Washington saat ini menjadi ujung tombak koalisi Barat dan negara-negara Arab yang melakukan kampanye udara melawan kelompok garis keras Negara Islam, yang juga disebut ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah).

()