Suasana Bazaar Ramadhan Diskopukm Kota Bekasi (Dok: Pemkot Bekasi)
Suasana Bazaar Ramadhan Diskopukm Kota Bekasi (Dok: Pemkot Bekasi)
Kota Bekasi, Aktual.com – Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (Diskopukm) Kota Bekasi menggelar Bazaar Ramadhan yang bertempat di Lapangan Serbaguna Harapan Baru, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Selasa (19/04/2022).
Adapun kegiatan Bazaar Ramadhan tersebut akan diselenggarakan selama 2 hari sampai dengan Rabu, 20 April 2022, dalam rangka memperingati Bulan Suci Ramadhan dan jadi agenda tahunan yang rutin, serta bertepatan dengan momen menyambut Idul Fitri 1443 H.
Dalam Bazaar itu, diikuti oleh para pedagang yang menjual kebutuhan-kebutuhan berbuka Puasa dan Sahur, serta tentu sebagai ajang memperkenalkan sejumlah produk UMKM binaan Diskopukm Kota Bekasi ke khalayak luas.
Abdillah, Kepala Diskopukm Kota Bekasi hadir secara langsung untuk membuka Bazaar Ramadhan hari ini (19/03/2022) dan juga sebagai bentuk dukungannya terhadap perkembangan kemajuan terhadap para pelaku UMKM di Kota Bekasi.
“Kami akan selalu tergerak untuk menggelar acara-acara seperti ini yang memberi ruang untuk para pelaku UMKM mengembangkan dan meningkatkan kemampuan diri serta untuk meluaskan jangkauan penjualan produk-produknya ke khalayak yang lebih luas,” ungkap Abdillah dalam sambutannya.
Selain meluaskan jangkauan penjualan produk UMKM, acara seperti Bazaar Ramadhan juga memberikan stimulus kepada para pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan berkreasi.
“Acara ini juga merupakan wadah bagi para pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan berkreasi sehingga berdaya saing tinggi, apalagi kualitas produk-produk yang ditawarkan pun sangat baik, maka acara seperti ini lah yang menjadi ajang memamerkan karya-karya terbaik,” tambah Abdillah.
Selain menghadirkan booth UMKM binaan, Diskopukm selaku penyelenggara kegiatan Bazaar Ramadhan juga bekerjasama dengan beberapa pemasok kebutuhan pokok dimana para pengunjung dapat menemukan aneka bahan pokok kebutuhan sehari-hari seperti sembako, panganan beku, kue kering kebutuhan lebaran, dan aneka kebutuhan pokok lainnya. Selain menyediakan kebutuhan pokok, pada Bazaar Ramadhan ini, terdapat juga beberapa kebutuhan pakaian dengan harga murah.
Sofyan Hadi selaku Kepala Seksi Promosi UMKM pada Diskopukm menyebutkan harapannya bahwa kegiatan Bazaar Ramadhan dapat memebantu meningkatkan nilai jual beli produk-produk UMKM dan berharap tahun depan dapat menggelar kembali acara serupa.
“Harapan saya yang pertama, kegiatan Bazaar Ramadhan ini akan terus dilaksanakan setiap 1 tahun sekali pada bulan suci Ramadhan, kedua berharap semakin memotivasi para pelaku usaha untuk terus mengembangkan usahanya, dan juga menciptakan usaha-usaha berkualitas di mata masyarakat sehingga produk UMKM ini bernilai,” ucapnya.
Masyarakat sekitar yang hadir pada Bazaar Ramadhan tersebut, terlihat sangat antusias. Salah satunya menyampaikan, “harga-harganya terjangkau, karena ada beberapa kebutuhan yang dijual dengan sistim paketan, jadi agak lebih murah dari yang di pasaran, dan juga banyak item-item yang dijual di sini, jadi seperti cuci mata di saat puasa,” tutup Dewi salah satu pengunjung. (rls/ADV)
(Andy Abdul Hamid)