Jakarta, Aktual.com – Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno menilai produk buatan Indonesia saat ini kualitasnya boleh diadu dengan barang impor.

Demikian diungkapkan Sandi ketika menghadiri ajang tahunan Wall of Fades atau pameran denim terbesar yang berlangsung di Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (15/12).

“Padahal kalau kita lihat enggak kalah dan punya kualitas yang sudah standarnya, standar dunia,” terang Sandi, melalui siaran persnya di Jakarta, Senin (16/12).

Selain sudah mampu bersaing dengan produk luar, kata Sandi, banyak juga produk dalam negeri yang telah dikenal masyarakat internasional.

“Produk-produk Indonesia yang sudah mendunia layak diapresiasi. Kita kebanyakan kadang-kadang terlalu terpaku sama produk-produk luar negeri,” ujar Sandi kepada awak media.

Oleh karena itu, pengusaha muda itu meminta masyarakat tidak meremehkan produk lokal karya anak bangsa. Bahkan Sandi menyebut produk Indonesia telah memiliki banyak peminat di luar negeri.

“Menurut saya, jangan understimate lah dengan kekuatan market kita. Karena itu kita bisa mengisi dengan produk-produk kolaborasi anak-anak bangsa dan ternyata banyak tuh peminatnya,” ujarnya. Sandiaga.

Sandi mengaku sangat menyukai produk dalam negeri dan mendukung perkembangan denim, jeans, dan sepatu karya anak bangsa.

Dirinya yakin, semakin berkembangnya usaha ini mampu menggerakan ekonomi dan membuka lapangan kerja. Sebab kata dia, pertumbuhan produk lokal dapat membantu perekonomian dalam negeri.

“Ini juga salah satu kita untuk menurunkan konsumsi dari produk-produk impor, padahal kalau kita lihat enggak kalah dan punya kualitas yang sudah standarnya, standar dunia,” terang Sandi.

Ia pun meminta kepada anak-anak muda, khususnya para milenial untuk mendukung dan mendorong produk dalam negeri.

“Jangan pernah lelah promosikan produk-produk bangsa sendiri. Jangan apa-apa impor, kita cuma melihat ke luar negeri,” ucap Sandi.

Ia mencontohkan kebiasaan para tokoh yang menyukai produk lokal. Menurut dia, hal tersebut, dapat mendorong minat masyarakat terhadap produk dalam negeri

“Ada beberapa selebriti dan pejabat yang suka pakai barang lokal, harus lebih banyak lagi dan kalau kita, bangsa kita kan senang panutan kalau panutan kita memakai barang-barang lokal ya,” tandasnya.

Bagian dari fashion yang tak lekang oleh waktu, denim merupakan material kain yang kokoh terbuat dari katun twill.
Denim adalah jenis bahan, sementara jeans adalah produk (celana) yang terbuat dari denim.

Wall of Fades adalah pameran terbesar di Indonesia yang diselenggarakan setiap tahunnya sejak 2008 silam. Acara tahun ini mengusung tema ‘A Raw Canvas’ berlangsung 12 hingga 15 Desember 2019 di Exhibition Hall Lt. 5, Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

(Zaenal Arifin)