Jakarta, Aktual.co — Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menyambut presiden baru, Joko Widodo setelah dilantik, Senin (20/10).
Setalah Jokowi dilantik maka SBY bukan lagi Presiden Indonesia. Maka dari itu, kata Chairul Tanjung, penyambutan SBY tak dilakukan di dalam Istana Negara, melainkan di luar istana.
“Besok, setelah pulang dari Gedung MPR, Presiden SBY bukan Presiden lagi, jadi SBY akan menunggu Jokowi tidak di Istana, tapi menunggu di gedung Setneg bersama para menteri,” kata Chairul di kompleks Istana Kepresidenan, Minggu (19/10).
Dia mengatakan, apa yang dilakukan SBY ini untuk menghindari rumor tidak mengenakkan apabila SBY tetap menginjakkan kaki di istana. Setelah Jokowi mendekat ke istana, kata dia, SBY baru akan menyambut Jokowi di luar Istana Merdeka untuk selanjutnya menjalani proses militer.
Rencananya, para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II akan hadir dalam upacara pisah sambut yang dijadwalkan pada pukul 14.00 esok hari itu. SBY akan membawa rombongan 30-40 orang demikian pula dengan rombongan yang akan dibawa Jokowi ke dalam istana.
Setelah upacara militer dilakukan, SBY akan kembali ke kediamannya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat dengan menggunakna mobil pribadi.

()