Balikpapan, Aktual.com Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Balikpapan mendeteksi adanya 14 titik panas tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Sebanyak 14 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 wita hingga pukul 17.00 wita,” ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Sabtu (27/8).

Sebaran 14 titik panas tersebut telah diinformasikan ke instansi terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun daerah setempat agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Sehari sebelumnya, pihaknya juga mendeteksi adanya 20 titik panas yang tersebar di empat kabupaten dan langsung diinformasikan ke pihak terkait, sehingga titik panas tersebut sudah hilang.

Sedangkan 14 titik panas yang terpantau hari ini yang tersebar pada empat kabupaten, merupakan titik panas yang berada di lokasi berbeda, meskipun masih ada yang dalam kabupaten yang sama.

Adapun empat kabupaten yang terdeteksi 14 titik panas tersebut adalah Kabupaten Kutai Barat terdeteksi 1 titik panas, Kutai Timur 8 titik, Kutai Kartanegara terdeteksi 2 titik, dan Kabupaten Berau terdeteksi 3 titik panas.

Rinciannya adalah untuk 1 titik panas di Kutai Barat berada di Kecamatan Bongan dengan tingkat kepercayaan menengah, pada koordinat 116.2600 bujur dan -0.6946 lintang.

Di Kutai Timur yang terdeteksi 8 titik panas tersebar pada lima kecamatan, yakni Kecamatan Bengalon ada 3 titik, Kecamatan Kaubun, Rantau Pulung, Muara Bengkal masing-masing terdeteksi 1 titik, dan Kecamatan Sangatta Utara ada 2 titik panas.

Untuk dua titik panas di Kutai Kartanegara, katanya, tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Loa Kulu dan Kecamatan Kota Bangun.

“Sedangkan tiga titik panas yang berada di Kabupaten Berau tersebar di dua kecamatan, yakni satu titik di Kecamatan Gunung Tabur dan dua titik di Kecamatan Segah,” ucap Carolina.

(Wisnu)