Jakarta, Aktual.com – Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis dibuka menguat seiring harapan meredanya tensi perang dagang Amerika Serikat dan China.

Pada sesi perdagangan pagi ini (12/9), IHSG dibuka menguat 17,04 poin atau 0,27 persen menjadi 6.398,99. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 4,01 poin atau 0,40 persen menjadi 1.006,56.

“Adanya katalis positif dari eksternal mengenai perang dagang mampu memberikan dorongan bagi IHSG. Apalagi saham di AS juga menguat, menjadi sinyalemen positif bagi IHSG untuk kembali melanjutkan kenaikan pada hari ini,” kata Kepala Riset Valbury Sekuritas Alfiansyah di Jakarta, Kamis (12/9).

Ia mengemukakan sentimen geopolitik yang membaik membawa kelanjutan penguatan bagi perdagangan bursa saham global. Hal itu terjadi setelah terdengar kabar bahwa pemerintah China akan mengambil langkah untuk mitigasi efek samping dari perang dagang dengan Amerika
Serikat (AS).

“Salah satu langkah yang diambil pemerintah China, yakni melalui pengecualian tarif sebesar 25 persen terhadap 16 kategori produk efektif selama satu tahun,” katanya.

Ia menambahkan, ke-16 produk itu diantaranya udang, pelumas industri, mesin pemberantas kanker, minyak pelumas dan sejumlah bahan kimia lain. Pengecualian itu mulai diterapkan 17 September dan akan berlaku selama satu tahun.

(Abdul Hamid)