(Foto//Tim SAR Brebes Saat Efakuasi Jasad Yang Tenggelam))
(Foto//Tim SAR Brebes Saat Efakuasi Jasad Yang Tenggelam)

Brebes, Aktual.com – Pencarian terhadap seorang korban tenggelam di sekitar tempat penyeberangan perahu Sungai Pemali wilayah Desa Kertabesuki, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah akhirnya membuahkan hasil.

Setelah 2 hari lamanya pencarian Jasad Korban ditemukan tidak bernyawa lagi, korban ditemukan Tersangkut Akar-akar Blukar Sungai Pemali dan dibantu oleh tim relawan gabungan Kabupaten Brebes, ditemukan pukul 21.00 WIB di hari kedua pencarian. Rabu (28/04)

Korban bernama Nurofik Bin Tarwadi (40), warga asal Kelurahan Pasarbatang RT. 02 RW. 06, Kecamatan/Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang hanyut di Sungai Pemali Brebes (27/4/pagi)

Kejadian berawal saat korban yang membawa sepeda menyeberangi Sungai Pemali dengan perahu/rakit penyeberangan sekitar pukul 09.30 WIB Selasa (27/04), namun tiba-tiba penyakit epilepsi korban kambuh sehingga membuatnya terjatuh ke dalam sungai dan langsung hanyut.

Disampaikan Ketua SAR Brebes, Waryadi, melalui Topik Dowol (41), anggota tim evakuasi SAR Brebes, jasad Nurofik ditemukan berjarak kurang lebih 1 kilometer dari tempat dirinya tercebur dari rakit/perahu penyeberangan di dekat anjungan penyeberangan Sungai Pemali di Desa Kertabesuki Kecamatan Wanasari.

“Korban tenggelam ditemukan tersangkut akar-akar semak belukar di Sungai Pemali wilayah Dukuh Pagedangan, Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari,” terangnya.

Dijelaskan pria yang akrab disapa Dowol yang merupakan warga Desa Siasem, Kecamatan Wanasari itu, dengan ditemukannya jasad pedagang tersebut maka target operasi Search And Rescue ditutup malam itu juga.

“Mewakili Ketua SAR Brebes saya ucapkan terima kasih kepada unsur-unsur yang terlibat yaitu Basarnas KPP Cilacap, BPBD Brebes, TNI-Polri, Satpol PP, PMI, Rapi, Bagana, Ubaloka, perangkat desa, dan setempat,” tandasnya.

Perlu diketahui, Nurofik tercebur ke Sungai Pemali dari atas rakit/perahu penyeberangan yang dikemudikan Kasudin (57), warga Desa Sawojajar, saat mendekati anjungan penyeberangan di Desa Kertabesuki, Kecamatan Wanasari, dengan dugaan kambuh penyakit epilepsinya.

Penyeberangan rakit itu merupakan akses transportasi tradisional antar desa/kecamatan, yakni dari Desa Tengki Kecamatan Brebes ke Desa Kertabesuki Kecamatan Wanasari.

Selain menyisir sungai hingga ke muara dengan menerjunkan 3 unit rubber boat dari Basarnas KPP Cilacap, BPBD Brebes, dan SAR Brebes sendiri, pencarian juga dilakukan dengan penyelaman di sungai besar urat nadi Kabupaten Brebes itu.

(Arief Ferdianto)