Manokwari, Aktual.com – Polda Papua Barat menggelar operasi cipta kondisi untuk pengamanan situasi di daerah selama bulan Puasa dan menjelang Idul Fitri 1440 H.

Operasi Keselamatan Mansimam 2021 serentak di 13 kabupaten dan kota provinsi itu resmi dibuka oleh Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol Patrige R. Renwarin, Senin (12/4).
“Operasi ini selama 14 hari dengan sandi operasi keselamatan Mansinam 2021,” kata Wakapolda.
Wakapolda mengatakan fokus cipta kondisi itu dalam rangka wujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas (kamseltibcarlantas), pencegahan penyebaran COVID-19, serta tidak melaksanakan mudik lebaran tahun 2021.
“Operasi keselamatan tahun 2021 merupakan operasi Cipta kondisi kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1440 H,” ujar Wakapolda.
Dia mengatakan, operasi kepolisian mandiri kewilayahan keselamatan 2021 dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 12 sampai dengan 25 April 2021 secara serentak di seluruh Polres jajaran Polda Papua Barat.
“Operasi keselamatan ini dengan mengutamakan cara bertindak persuasif, humanis terhadap pelaku pelanggar lalu lintas dan protokol kesehatan,” sebutnya.
Dia berharap operasi keselamatan tahun 2021 dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19, dan menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan, serta meminimalisir fasilitas-fasilitas Lakalantas yang mengakibatkan korban meninggal dunia.
Wakapolda berpesan kepada seluruh personelnya yang bertugas, agar tetap berpedoman pada protokol kesehatan, hindari pungli dan tindakan yang menjadi Trigger ketidakpercayaan masyarakat kepada Polri.
“Laksanakan tugas operasi keselamatan secara profesional dengan persuasif Humanis sehingga tidak menimbulkan komponen dari masyarakat,” ujarnya.
(Warto'i)