Relawan Sahabat Ganjar membeli makanan Produk Usaha MIKRO yang dilakukan secara serentak se-Indonesia di Jakarta Pusat. Sabtu (11/9/2021).

Kendal, Aktual.com – Pandemi Covid-19 sempat menjadi badai bagi usaha sirup Daun Kersen yang digeluti Kami Hartati, asal Kabupaten Kendal. Bahkan, usaha yang dinamai Haryo Industri ini bak hidup segan mati tak mau.

Beruntung, seusai mengikuti Lapak Ganjar, program promosi UMKM lewat media sosial yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, usahanya perlahan bangkit.

Kami mengatakan, saat ini usahanya sudah kembali bangkit. Setelah sebelumnya, badai virus corona membuat pemasaran sirup Daun Kersen buatannya kesulitan.

Akhirnya, perempuan yang berprofesi sebagai guru ini, ikut program Lapak Ganjar.

“Alhamudulilah dengan diikutsertakan Haryo Industri dalam program Lapak Ganjar, omzet penjualan meningkat. Yang mula-mula pada saat pandemi itu boleh dikatakan hidup segan mati tak mau, ada program itu (Lapak Ganjar) kita mulai menggeliat,” kata Kami, ditemui di tempat produksi usahanya, Jalan Rejotaruno nomor 13 Tamanrejo, Limbangan, Kabupaten Kendal, Sabtu (14/1).

Bahkan, usahanya perlahan mulai mengalami peningkatan produksi dan penjualan. Pasar mulai terbuka luas, bahkan pemasaran sirup menjangkau hingga DKI Jakarta, Bandung (Jabar), Jawa Timur, dan daerah lainnya.

“Yang terbanyak adalah DKI Jakarta dan Bandung. Di daerah Jawa Barat dan Jakarta. Justru di Jawa Tengah ini kurang, padahal kita produksi di Jateng tapi belum begitu memasyarakat,” jelasnya.

Kami mengenalkan sekilas produknya Sirup Daker merupakan salah satu produk dari Haryo Industri, yang selama ini memproduksi berbagai aneka herbal sirup menyehatkan bagi masyarakat.

Pihaknya telah melakukan uji klinis dan hasilnya menunjukkan hal yang positif. Sirup Daker membantu mengendalikan kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol. Ada varian sirup meliputi original, jahe, mint, dan rasa kencur.

Dia juga memproduksi aneka minuman jamu dengan selera para milenial, mulai dari minuman dongkel (godong kelor), latte campuran rempah dengan susu sapi murni. Di samping itu juga serbuk minuman wedang dongkel, serbuk curcuma, kopi dahsyat yaitu kopi, daun sirsat campur rempah, kombucha, hingga fermentasi buah nanas.

“Semuanya bermanfaat bagi kesehatan, serta minuman seruni yang bagus untuk program diet. Produk saya sudah PIRT dan halal. Program pemerintah memudahkan izin PIRT dan halal. Saat ini proses mendapatkan izin edar,” pungkasnya.

(Wisnu)