8 Februari 2023
Beranda Life Olahraga Sengit, Laga Kamerun vs Serbia Berakhir Imbang 3-3

Sengit, Laga Kamerun vs Serbia Berakhir Imbang 3-3

Jakarta, Aktual.com – Laga Kamerun melawan Serbia berakhir imbang 3-3 dalam lanjutan Grup G Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Doha pada Senin (28/11) malam WIB.
Pertandingan berjalan sengit dengan Kamerun unggul terlebih dahulu berkat gol Jean-Charles Castelletto, tetapi Serbia membalas dengan dua gol cepat melalui Strahinja Pavlovic dan Sergej Milinkovic-Savic.

Serbia memperbesar keunggulan lewat gol Aleksandar Mitrovic sebelum Kamerun membalas dengan dua gol yang masing-masing disumbangkan oleh Vincent Aboubakar dan Eric Maxim Choupo-Moting.

Berdasarkan laman resmi FIFA, hasil ini membuat Kamerun dan Serbia bertahan di posisi 3-4. Keduanya sama-sama baru mengoleksi satu poin dari dua laga.

Brasil dan Swiss masih memimpin dengan tiga poin dan baru akan bermain Senin malam.

Serbia mengambil inisiatif untuk mendominasi permainan sejak pertandingan dimulai. Mereka nyaris mencetak gol pada menit ke-10.

Bekerja sama dengan Dusan Tadic, Aleksandar Mitrovic menguasai bola di sisi kanan di dalam kotak penalti. Dia melewati satu pemain sebelum melepaskan tembakan kaki kiri yang tidak bisa dijangkau kiper. Namun, bola masih menghantam tiang gawang.

Serbia kembali mendapatkan peluang pada menit ke-17. Upaya bek Kamerun menyapu bola justru mengenai rekan setimnya sendiri, bola gagal dikontrol oleh Nouhou Tolo. Mitrovic menyambarnya dan cuma berakhir di samping kiri gawang.

Kamerun membalas pada menit ke-19 lewat tendangan Pierre Kunde, tetapi bola masih bisa dihalau oleh kiper Serbia Vanja Milinkovic-Savic.

Kamerun justru unggul lebih dulu pada menit ke-29. Dari sepak pojok di sisi kiri, umpan lambung Tolo disundul rekannya dan mengarah ke tiang jauh untuk disambar Jean-Charles Castelletto menjadi gol. Kedudukan menjadi 1-0.

Serbia tidak tinggal diam dan mencoba membalas gol Kamerun. Sebuah tendangan dari Tadic di kotak penalti masih melambung jauh.

Pada menit ke-43, Kamerun menciptakan peluang beruntun. Kunde merebut penguasaan bola dari Serbia dan langsung melakukan tusukan, tetapi sepakannya mudah dihalau kiper.

Bola rebound berhasil disambarnya. Sayangnya arah bola masih melenceng dari gawang Davis Epassy.

Serbia bisa menyamakan kedudukan di masa injury time babak pertama dari situasi tendangan bebas. Umpan lambung Tadic ditanduk oleh Strahinja Pavlovic yang lolos dari pengawalan untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Serbia berbalik unggul 2-1 dua menit berselang. Gol bermula saat Serbia merebut penguasaan dari Kamerun dan Andrija Zivkovic mengoper ke Sergej Milinkovic-Savic, yang kemudian melepaskan sepakan ke pojok kanan bawah gawang Milinkovic-Savic.

Serbia nyaris menambah gol lagi pada menit kelima injury time. Namun, tembakan Mitrovic membentur pemain dan berakhir tipis di kanan gawang. Babak pertama tuntas berakhir dengan skor 2-1.

Selepas jeda, Serbia bisa memperbesar keunggulan mereka menjadi 3-1 pada menit ke-53. Zivkovic membangun serangan dan mengoper bola ke Mitrovic yang dengan leluasa menyontek bola ke dalam gawang Epassy.

Kamerun bisa memperkecil ketertinggalan pada menit ke-64. Vincent Aboubakar lolos dan tinggal menghadapi kiper, lalu dengan cerdik mencungkil bola melewati atas Vanja Milinkovic-Savic yang bergerak maju.

Gol itu sempat dianggap offside sebelum wasit memeriksa Video Assistant Referee (VAR) dan mengesah gol Aboubakar. Serbia masih unggul 3-2 atas Kamerun.

Kamerun akhirnya bisa menyamakan kedudukan dua menit berselang. Aboubakar kembali lolos dari perangkap offside dan bisa mengoper bola ke Eric Maxim Choupo-Moting.

Pemain Bayern Muenchen itu menuntaskannya dengan sepakan ke dalam gawang untuk mengubah skor menjadi 3-3.

Serbia mencoba untuk kembali unggul pada menit ke-76. Mitrovic lolos di sisi kanan dan melepaskan tembakan yang bisa dihalau Epassy. Upaya lain dari Sergej Milinkovic-Savic dua menit kemudian masih belum mengarah ke gawang Kamerun.

Pada menit ke-87, giliran Kamerun yang mencoba mencetak gol keempat lewat tembakan jarak jauh Aboubakar yang masih bisa dihentikan Milinkovic-Savic.

Serbia membalas menyerang pada menit ke-89. Mereka membangun serangan dari kanan, sebuah umpan silang diterima Tadic dan diteruskan ke Mitrovic. Sepakannya melebar ke kanan gawang.

Tidak ada gol tambahan yang diciptakan kedua tim. Pertandingan antara Kamerun vs Serbia berakhir imbang 3-3.

Susunan Pemain:
Kamerun (4-3-3): Devis Epassy; Collins Fai, Jean-Charles Castelletto, Nicolas Nkoulou, Nouhou Tolo; Frank Anguissa (Sameul Uom Gouet 81′), Pierre Kunde (Gael Ondoua 67′), Martin Hongla (Vincent Aboubakar 55′); Bryan Mbeumo (Georges-Kevin Nkoudou 81′), Eric Choupo-Moting, Karl Toko-Ekambi (Christian Bassogog 67′)

Serbia (3-4-2-1): Vanja Milinkovic-Savic; Nikola Milenkovic, Milos Veljkovic (Srdan Babic 78′), Strahinja Pavlovic (Stefan Mitrovic 56′); Andrija Zivkovic (Nemanja Radonjic 78′), Sasa Lukic, Nemanja Maksimovic, Filip Kostic (Filip Duricic 91′); Dusan Tadic, Sergej Milinkovic-Savic (Marko Grujic 79′); Aleksandar Mitrovic.

(As'ad Syamsul Abidin)