Ibu dan Anak/Antara
Ibu dan Anak/Antara

Jakarta, Aktual.com – Pendongeng anak-anak, Gery Saleh Puraatmadja atau lebih dikenal dengan nama Paman Gery membagikan kiat bagi Anda saat mendongeng pada anak-anak, salah satunya perlunya mengucapkan kata ajaib.

“Kata ajaib saat masuk ke dalam dunia dongeng, seperti ‘pada suatu hari’, ‘di hutan yang lebat’ sebagai pembuka alam imajinasi seseorang. Karena berdongeng semuanya fiktif ada di dalam imajimasi manusia,” kata dia dalam sebuah webinar, Sabtu.

Selain menggunakan kata ajaib, Anda juga bisa memulai mendongeng melalui nyanyian untuk mengajak seakan-akan anak di dalam dunia mereka. Cara ini bisa menjadi sesuatu yang menarik untuk memancing mereka berpikir.

Saat mendongeng, cobalah teknik seperti membuat variasi suara untuk membuat karakteristik berbeda dengan si pendongeng atau menjelaskan dua hal misalnya.

Kemudian, buatlah ekspresi wajah saat mendongeng agar anak langsung terbayang pada cerita. Anda juga bisa melakukan kontak mata dan menggunakan bahasa tubuh.

“Sebenarnya, semua manusia itu pencerita, pendongeng, penutur. Tapi yang membedakan ada yang melakukan untuk dirinya sendiri atau untuk kalangan terdekat,” tutur Paman Gery.

Membaca dongeng secara nyaring juga bisa Anda lakukan. Menurut Paman Gery, ini menjadi salah satu cara termudah dalam mendongeng pada anak.

Sumber cerita bisa berasal dari buku cerita sehingga Anda tak perlu repot. Carilah cerita yang mudah dipahami dan ramah anak.

Agar Anda bisa mendongeng dengan baik, cobalah mendapatkan inspirasi dari anak karena dunia imajinasi mereka begitu luas. Hal ini berbeda dari orang dewasa yang kadang sudah terikat atau terkurung dengan pemikiran logika.

“Untuk bisa menjadi pendongeng yang baik, kita harus bisa memakai imajinasi ini bukan dengan logika orang dewasa tapi dengan daya pikir anak. Lalu kita buat cerita sendiri. Pasti anak senang,” ujar Paman Gery.

Mendongeng diketahui memiliki sejumlah manfaat bagi anak antara lain membangun imajinasi, kreativitas, kemampuan problem solving, menumbuhkan cinta pada dunia pustaka, meningkatkan keterampilan bicara, kosakata, dan membentuk kepribadian si kecil.

“Paling tinggi tingkatan manfaat mendongeng yakni ikatan atau bonding dengan anak,” demikian kata Paman Gery.

(Shavna Dewati Setiawan | ANTARA)

(Aktual Academy)