Pelalawan, Aktual.com – Pembelian solar dan pertalite bersubsidi untuk kendaraan roda empat di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kecamatan Pangkalan Kerinci sudah wajib terdaftar website: subsiditepat.mypertamina.id mulai 1 September 2022.

Penerapan penggunaan aplikasi mypertamina.id sudah terlebih dahulu disosialisasikan kepada kendaraan berbahan bakar solar. Setiap pengendara yang ingin mengisi bahan bakar solar maka petugas akan langsung mengecek no plat kendaraan tersebut apakah sudah terdaftar di aplikasi mypertamina.id. Sedangkan untuk kendaraan yang berbahan bakar menggunakan pertalite penerapan aturan berlaku pada 1 September 2022.

Andika selaku pengawas di SPBU Salindra Kecamatan Pangkalan Kerinci menjelaskan bahwa untuk penerapan penggunaan aplikasi mypertamina.id bagi kendaraan berbahan bakar pertalite masih dilakukan sosialisasi. Ia melanjutkan, setiap kendaraan yang datang mengisi bahan bakar pertalite maka petugas akan melakukan pengecekan plat nomor kendaraan tersebut apakah sudah terdaftar di website: subsiditepat.mypertamina.id.

“Bagi konsumen yang ingin mendaftar di aplikasi mypertamina.id sebaiknya terlebih dahulu mempersiapkan foto mobil tampak depat, tampak samping mobil, STNK, Asuransi, KTP, dan foto pemilik kendaraan setengah badan,” jelas Andika, Kamis (1/9).

Anto seorang warga Pangkalan Kerinci yang ingin mengisi bahan bakar di SPBU Salindra merasa sangat kesulitan diterapkannya kebijakan penggunaan aplikasi mypertamina.id. Pasalnya ia ketika ingin mengisi bahan bakar harus mendaftar di aplikasi mypertamina.id sedangkan dia tidak paham tata cara pendaftaran di aplikasi tersebut.

“Saya sangat susah mendaftar aplikasi karena saya tidak mengerti. Terlebih lagi saya sangat butuh bahan bakar untuk kendaraan. Saya harap kebijakan ini dapat disosialisasikan bagaimana cara pendaftarannya dan bagaimana cara pendaftaran bagi pemilik kendaraan yang lebih dari satu,” ujar Anto.

Bagi pengguna kendaraan roda dua belum di wajibkan untuk menggunakan aplikasi mypertamina.id sehingga dapat mengisi bahan bakar pertalite bersubsidi. Sedangkan pada kendaraan roda empat tampak antrian panjang karena petugas harus mengecek plat mobil yang sudah terdaftar mypertamina.id

(Ikhwan Nur Rahman)