Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae-yong

Manila, Filipina, Aktual.com – Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong yakin kualitas penyelesaian akhir (finishing) skuadnya akan membaik seiring banyaknya pertandingan yang mereka lewati.

“Semakin bertanding, pastinya ‘finishing’ semakin baik. Saya mohon dukungan penuh untuk timnas Indonesia menjadi lebih baik,” ujar Shin di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Ahad (1/1).

Meski demikian, juru taktik asal Korea Selatan itu menegaskan, hal tersebut bukan berarti mereka tidak memperbaiki efektivitas di depan gawang dalam setiap latihan.

Shin terus mengasah kemampuan pemainnya dalam setiap kesempatan dengan harapan mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menang.

Kualitas “finishing” timnas Indonesia pada tiga laga Grup A Piala AFF 2022 mendapatkan sorotan lantaran dianggap tidak efektif.

Saat melawan Kamboja, 23 Desember 2022, Indonesia memang menang 2-1 tetapi dua gol tersebut datang dari 16 tembakan ke gawang, di mana delapan di antaranya tepat sasaran.

Kemudian, kala menundukkan Brunei Darussalam 7-0, 26 Desember 2022, Indonesia menghasilkan total 26 percobaan, setengah di antaranya mengarah ke gawang.

Terkini, 29 Desember 2022, Indonesia yang mengarahkan tiga percobaan ke tepat ke gawang harus bermain imbang 1-1 dengan Thailand. Padahal, dalam laga itu, Thailand cuma menghasilkan satu sepakan pas.

Shin Tae-yong tidak mau situasi serupa terjadi waktu timnya bersua Filipina pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 pukul 20.30 waktu setempat atau 19.30 WIB di Stadion Rizal Memorial, Manila.

Partai itu penting bagi Indonesia karena akan menentukan langkah ke fase berikutnya.

Indonesia akan menyegel slot di semifinal jika mampu menahan imbang atau menang atas tuan rumah Filipina pada laga terakhirnya di Grup A.

Untuk menjadi juara grup, Indonesia wajib menang besar dengan selisih gol melampaui Thailand yang pada pertandingan pamungkasnya akan melawan Kamboja, pada hari yang sama.

(Andy Abdul Hamid)