Ilustrasi E-Perpus
Ilustrasi E-Perpus

Banjarmasin, aktual.com – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Banjarmasin H Ahmad Husaini mengungkapkan, sejak diluncurkannya Perpustakaan digital atau E-Perpus pada Desember 2019 lalu, pengunjung sudah mencapai 2.200 pembaca.

Menurut dia di Banjarmasin, Kamis [20/2], E-Perpus sebenarnya mulai diresmikan bertepatan peresmian gedung Depo Arsip Daerah Banjarmasin pada 18 Februari ini oleh Wali Kota Banjarmasi H Ibnu Sina, namun sudah melayani sejak Desember 2019.

“Kita laporkan kepada pak wali kota, sejak peluncuran pada Desember 2019 hingga Januari 2020 saja, sudah 2.200 pengunjung, apalagi hingga sekarang,” ujarnya.

Setelah diresmikan ini, lanjut Husaini, pihaknya akan mensosialisasikannya ke sekolah-sekolah hingga kampus, sehingga betul-betul memasyarakat.

“Sementara ini sudah ada sebanyak 600 judul buku, kita tambah lagi tahun ini,” ujarnya.

Ini harus ditingkatkan, ucap Husaini, karena saat ini sudah zaman era digital, hingga semuanya harus disesuaikan.

Meski membangun E-Perpus ini, lanjut dia, bukan berarti perpustakaan manual atau tempat baca tidak dikembangkan, namun saat ini ada tambahan tempat baru.

“Satu tempat perpustakaan lagi kan diresmikan di RTH Kamboja, sudah mau dioperasikan juga sebagai taman baca,” tuturnya.

Menurut Husaini, program meningkatkan gemar membaca di kota ini sangat gencar dilakukan, selain mengoperasikan mobil perpustakaan keliling, juga ada program mendongeng.

Beragam upaya akan coba kita lakukan, sehingga semua anak di daerah ini gemar membaca dan kecerdasannya meningkat,” pungkas Husaini.

(Eko Priyanto)