Manado, Aktual.com – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mulai melakukan vaksinasi penguat (booster) COVID-19 untuk masyarakat umum dan kelompok rentan.

“Kamis (13/1) sudah dilakukan pencanangan pelaksanaan vaksinasi booster bagi masyarakat umum terutama populasi rentan,” sebut Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel MPH di Manado, Jumat (14/1).

Pencanangan yang dilakukan di Manado Town Square diikuti kurang lebih 450 orang, dan selanjutnya dilaksanakan serentak oleh kabupaten kota yang sesuai dengan kriteria.

Dia menambahkan, upaya memberi perlindungan bagi masyarakat lewat vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun saat ini telah dapat dilaksanakan oleh seluruh kabupaten kota, tanpa melihat cakupan total dosis pertama ataupun cakupan vaksinasi lansia.

“Mari bersama-sama kita memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan serta memasifkan pelaksanaan vaksinasi di setiap kabupaten dan kota,” ujarnya.

Hari ini, kata dia, provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa itu ketambahan enam kasus baru COVID-19.

Kasus-kasus baru tersebut berasal dari Kabupaten Minahasa dan Kota Manado masing-masing dua orang, serta Kabupaten Bolaang Mongondow dan luar wilayah masing-masing satu orang.

“Kasus terkonfirmasi positif saat ini mencapai 34.738 orang,” katanya.

Selanjutnya, warga Sulut yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 33.606 orang (bertambah satu orang) atau sebesar 96,74 persen.

Sedangkan kasus meninggal sebanyak 1.045 orang dengan angka kematian (Case Fatality Rate) sebesar 3,01 persen.

Sementara, kasus aktif COVID-19 sebanyak 87 orang atau sebesar 0,25 persen.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)