Yogyakarta, Aktual.co —  SPS gelar The3rd Indonesia Public Relation Award & Summit (IPRAS) dan The1st Indonesia Media Research Award & Summit (IMRAS), di The Rich Sahid Hotel, Yogyakarta.

Summit dua hari yang bertema Reputasi Bangsa di Era Kepemimpinan Baru itu dibuka M Ridlo Eisy, Ketua Harian Serikat Perusahaan Pers (SPS) pusat pada Kamis (16/10/2014).
 
Dalam sambutannya, Ridlo menyatakan, summit akan mengangkat sejumlah isu strategis agar forum IPRAS ini mampu berkontribusi dalam berbagai aspek. Khususnya guna mengangkat reputasi bangsa pada  pemerintahan baru hasil Pemilu 2014.

“Ada dua hal yang dianggap hebat di Indonesia. Yakni menyangkut masalah ekonomi dan media. Ekonomi Indonesia dianggap hebat karena masuk G20. Sementara media Indonesia juga dianggap hebat karena selalu menjadi bahan rujukan bagi negara lain di dunia,” katanya.

Upaya mengangkat reputasi bangsa itu, menurut Ahmad Djauhar, Sekretaris Jendral SPS Pusat, dilakukan pula  melalui IMRAS, sebagai upaya menyemai minat dan budaya riset. Terutama atas media. Minat itu tercermin dari kehadiran sekitar 100 akademisi komunikasi dan peneliti media se-Indonesia dalam IMRAS 2014.  

Para akademisi ini berkompetisi melalui riset tentang Tren Pola Konsumsi Media di Indonesia tahun 2014, yang mereka lakukan selama tiga bulan. Semua temuan riset itu mereka presentasikan pada forum IMRAS ini.

“Melalui riset media ini para akademisi akan dapat mendapat begitu banyak bahan yang berguna bagi kemajuan bersama. Hal itu juga sekaligus dapat menjadi masukan bagi para pelaku media sendiri. Dan saya sebagai salah satu dewan juri cukup kaget melihat sejumlah penelitian yang ternyata sangat bagus,” katanya.

Dalam acara ini, SPS Pusat juga menggelar lokakarya School of Media Management (SoMM), dan How to Handle Press Well, serta program SPS Goes to Campus (SGCT) di Kampus UPN Yogyakarta.  

Bersama itu, diselenggarakan pula pemmberian sejumlah penghargaan untuk berbagai kategori. Yaitu penghargaan Korporasi Pilihan, Lembaga Publik Pilihan, CEO Pilihan, Tokoh Publik Pilihan, dan Tokoh PR Pilihan.

Selain itu juga ada penghargaan pemenang Program PR Terbaik 2014 dan pemenang Full paper IMRAS 2014 dari untuk kategori media cetak, media sosial, dan media online.

“Melalui forum IPRAS dan IMRAS tahun ini diharapkan dapat menjadi forum kehumasan dan media nasional terbesar dan bergengsi di Indonesia,” katanya.

Selain dihadiri sejumlah tokoh nasional, pimpinan korporasi terkemuka, hingga pimpinan media, acara ini juga menjadi ajang bertemunya ratusan praktisi kehumasan dan akademisi komunikasi dari seluruh Indonesia.

()