Kuala Lumpur, Aktual.com – Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Malaysia (PCIM) prihatin dan terkejut dengan dugaan penemuan puluhan kantong surat suara Pemilu 2019 tercoblos di Kajang dan Bangi, Malaysia.

“Bagi masyarakat Indonesia di Malaysia, berita ini dapat mencederai rasa keadilan dan nuansa pesta demokrasi Pemilu 2019 yang sedang berlangsung,” ujar Ketua PCIM Malaysia Prof. Madya Dr. Sonny Zulhuda didampingi Sekretaris Umum, Muhammad Shulthoni, Lc., MA di Kuala Lumpur, Sabtu (13/4).

Dia mengatakan Pemilu 2019 termasuk Pilpres dan Pileg merupakan episode penting perjuangan dan perjalanan bangsa Indonesia untuk memastikan terlaksananya pemerintahan yang baik (good governance) yang mengedepankan transparansi, akuntabilitas dan keadilan.

“Semua komponen bangsa adalah pemangku kepentingan dalam siklus proses ini. Pemerintah, penyelenggara maupun peserta pemilu beserta seluruh masyarakat berkepentingan mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil,” katanya.

Di Malaysia, ujar dia, pemilu yang terfokus pada Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif DPR harus terlaksana dengan spirit yang sama, mengedepankan semangat kebersamaan antara semua komponen masyarakat Indonesia sekaligus menjaga iklim damai selaras dengan peraturan perundangan negara Malaysia.

(Abdul Hamid)