Jakarta, Aktual.co — Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta Pangi Sarwi Chaniago mengatakan Presiden Joko Widodo harus tegas dan jangan mau di intervensi pihak mana pun dalam menyusun kabinet.
“Gagalnya pengumuman kabinet malam ini diduga kuat karena adanya tarik menarik kepentingan yang tajam, ini fakta yang tak dapat disangkal, oleh sebab itu Presiden Jokowi harus menggunakan hak prerogatifnya,” kata Pangi di Jakarta, Rabu (22/10).
Ia mengatakan jangan sampai dalam menyusun kabinet Presiden Joko Widodo tersandera dengan kepentingan politik partai pengusung.
“Idealnya urusan kabinet sudah tuntas dengan menggunakan hak prerogatifnya tanpa dibayang-bayangi oleh pihak yang ingin melakukan intervensi,” katanya.
Menurut dia, sebagai Presiden, Jokowi sudah harus bergerak maju melaksanakan program yang sudah dijanjikan kepada masyarakat.
“Harapan masyarakat terhadap Jokowi sangat tinggi dan itu harus dijawab dengan segera mengumumkan kabinet, jika berlarut-larut itu indikasi ada yang ‘menyandera’,” kata dia.
Sebelumnya Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengumumkan susunan kabinet di Tanjung Priok pada Rabu malam namun akhirnya dibatalkan.

()