Beranda Khazanah Dunia Islam Tapak Suci Jadi Media Promosi Budaya Indonesia di Pakistan

Tapak Suci Jadi Media Promosi Budaya Indonesia di Pakistan

Tapak Suci Putera Muhammadiyah Perwil 039 dan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) di Pakistan (Dok. Muhammadiyah)

Lahore, aktual.com – Tapak Suci Putera Muhammadiyah Perwil 039 dan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Pakistan melakukan Sosialisasi dan Silaturahmi ke beberapa sekolah yang telah menerapkan seni bela diri, khususnya Tapak Suci di negara tersebut pada sabtu (17/12) kemarin.

Pada kunjungan kali ini, Laudza, Ketua Tapak Suci Pakistan sekaligus kepala rombongan dibuat terkejut dengan perkembangan Tapak Suci di kota Lahore yang sangat masif. Pasalnya terdapat sekitar 213 anggota di beberapa sekolah yang ada di Lahore setelah kunjungan terakhir pada tahun 2021 lalu.

Mereka masif berlatih dibawah asuhan Mr Muhammad Jamil Khan. Berdasarkan penelusuran, hampir seluruh anggota bahkan sudah memiliki dasar yang mumpuni dalam bela diri

Tak hanya itu, terdapat momen dimana seluruh rombongan pengurus Tapak Suci & PCIM Pakistan semakin terenyuh. Yakni ketika momentum seluruh anggota yang berlatih sedang menghayati Lagu Sang Surya yang diputarkan setelah penampilan dari Kawan-Kawan Tapak Suci Islamabad

Ketua PCIM Pakistan, Hafidz Adhi menjelaskan Tapak Suci dapat menjadi mediator utama yang sangat optimal dalam mengenalkan budaya Indonesia dan mempromosikan Muhammadiyah.

“Tapak Suci menjadi salah satu program Internasionalisasi Muhammadiyah di luar negeri, terkhusus di Pakistan,” kata dia seperti dikutip dari situs Muhammadiyah, Senin (19/12) pagi.

Di akhir kunjungan, Hafidz pun berharap Tapak Suci dapat membentangkan sayap lebih luas di kalangan warga lokal Pakistan. Program tersebut dapat membawa misi Internasionalisasi Muhammadiyah ke depan.

(Megel Jekson)