Arcandra Tahar (ist)

Jakarta, Aktual.com – Mantan Anggota Komisi III DPR Taslim Chaniago menyatakan permasalahan kewarganegaraan ataupun nasionalisme Arcandra Tahar sebenarnya tidak perlu dipersoalkan lagi. Terlebih Kementerian Hukum dan HAM sudah meneguhkan kewarganegaraan Archandra Tahar sebagai Warga Negara Indonesia pada awal September lalu.

“Apa yang menjadi gonjang-ganjing selama ini sudah selesai. Artinya sudah sah menjadi warga negara Indonesia lagi, tidak perlu dipertanyakan lagi,” kata Taslim kepada wartawan, Jumat (16/9).

Disampaikan, dengan selesainya masalah kewarganegaraan Arcandra maka sebenarnya tidak ada masalah jika Presiden Joko Widodo mengangkatnya kembali menjadi Menteri ESDM. Apalagi kalau Presiden menganggap Arcandra mampu mengemban amanah Menteri ESDM.

Dengan hak prerogatif yang dimiliki Presiden, posisi Jokowi sebenarnya tidak boleh diintervensi oleh pihak-pihak manapun. Terutama pihak yang mencegah kembalinya Arcandra ke ESDM.

Taslim sendiri secara pribadi berpendapat Arcandra layak menduduki kembali kursi Kementerian ESDM. Berkaca pada kinerjanya selama 20 hari memimpin ESDM, Arcandra disebutnya sudah menunjukkan kepada publik bagaimana kapasitas dan kapabilitasnya dalam memimpin ESDM.

Salah satunya dengan menurunkan biaya pembangunan Ladang Gas Abadi Blok Masela dari angka US$ 20 miliar menjadi US$ 15 miliar.

“Kita lihat track record dan keilmuannya, ini orang hebat. Baru sebentar menjabat, dia sudah bisa membuat penghematan anggaran yang luar biasa di beberapa bidang, seperti Blok Masela,” pungkas Taslim.

 

*Sumitro

()