ARUS MUDIK DI PELABUHAN MERAK

Merak, aktual.com – Terminal Merak pada H-3 atau Minggu (2/6) kedatangan penumpang pemudik sebanyak 11.914 orang dengan angkutan bus 522 unit.

Petugas posko angkutan lebaran tahun 2019 Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VIII Provinsi Banten Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Terpadu Merak Gustri di Merak, Senin (3/6), mengatakan penumpang pemudik yang turun melalui terminal Merak pada H-3 sebanyak 11.914 orang dengan melibatkan 522 angkutan bus.

Mereka pemudik itu dari Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, Bandung hingga Cirebon. Kebanyakan mereka bertujuan ke sejumlah daerah di Pulau Sumatera untuk merayakan Lebaran di kampung halaman.

Para pemudik yang turun di terminal Merak akan melanjutkan perjalanan melalui penyeberangan Pelabuhan Merak.

“Kami yakin kedatangan pemudik masih memadati hingga H-1 atau Selasa (4/6),” katanya.

Menurut dia, puncak arus mudik melalui terminal Merak terjadi H-4 atau Sabtu sebanyak 12.011 orang dan kemudian H-3 mencapai 11.914 orang.

Selama ini, kata dia, pihaknya belum menambah angkutan bus tambahan. Sebab, mereka penumpang pemudik masih terlayani angkutan bus yang ada.

Namun, pihaknya tidak tertutupkemungkinan bisa tambahan akan dioperasikan jika terjadi lonjakan penumpang arus balik.

“Kami terus menganalisasi pemudik agar ke depan pelayanan angkutan umum menjadi lebih baik dengan mengutamakan kelancaran dan keselamatan,” katanya menjelaskan.

Sementara itu, sejumlah penumpang yang turun di terminal Merak mengaku bahwa arus lalu lintas tahun ini lebih baik karena tidak terjadi antrian panjang.

Selain itu juga perjalanan angkutan bus mengutamakan keselamatan dan tidak kebut-kebutan.

“Kami dari terminal Kalideres,Jakarta ke Merak sangat lancar hingga ditempuh 1,5 jam,” kata Rosyid, seorang pemudik bertujuan Kalianda Lampung.

Ant.

(Zaenal Arifin)