Jakarta, Aktual.co — Kertas koran mampu menggantikan kerajinan yang terbuat dari rotan, seperti produk yang dipamerkan pada Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) 2014 di Jakarta.
“Ini kertas koran yang kita linting, lalu kita anyam dengan teknik yang biasa dipakai pada kerajinan rotan. Finishingnya juga sama seperti rotan, ” kata pembuat produk anyaman koran Chuvaizah Ichsan, Jumat (7/11).
Menurut dia, walaupun terbuat dari kertas koran namun produk anyamannya memiliki kualitas yang setara dengan rotan dan juga anti-air, sehingga mendapat respon positif dari sejumlah pengunjung dan juga peserta pameran lainnya.
“Banyak yang sudah tertarik dengan anyaman ini karena unik, dari teman-teman pameran juga ada yang mau membantu mempromosikan juga,” ucapnya menceritakan.
Ichsan berpendapat bahwa produknya masih sulit dipasarkan akibat sulitnya mendapatkan akses untuk promosi melalui pameran.
Ia pun berharap agar mendapat perhatian lebih dari pemerintah maupun dinas setempat terhadap produknya yang berlabel “Koerankoe” tersebut.
Sebelumnya, Kepala Dinas Perindsutrian dan Energi DKI Jakarta Haris Pindratno mengatakan melalui PPKD industri lokal di Indonesia dapat semakin kreatif dan inovatif, sehingga mampu bersaing dengan produk luar.
“Diharapkan penyelenggaraan PPKD mampu mewujudkan sinergi yang memunculkan ciri khas produk masing-masing wilayah,” jelas Haris.
Haris berpendapat dengan adanya sinergi antar peserta pameran maka dapat memperluas pangsa pasar dan meningkatkan jumlah daya beli konsumen terhadap produk Indonesia.

()