Pemain tim nasional U-16 Thailand (biru-biru) melakukan tendangan bebas pada laga semifinal Piala AFF U-16 2022 kontra Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (10/8/2022). Vietnam memenangkan pertandingan itu dengan skor 2-0 yang membuat mereka berhak ke final turnamen. (Michael Siahaan)

Jakarta, Aktual.comTim nasional Thailand merebut kembali puncak Grup A Piala AFF 2022, setelah sebelumnya dihuni Indonesia, setelah menundukkan Filipina dengan skor 4-0 di Stadion Thammasat, Rangsit, Thailand, Senin (26/12).

Dua gol dari penyerang berusia 34 tahun Teerasil Dangda, ditambah sumbangan Adisak Kraisorn dan Suphanan Bureerat membuat Thailand kini meraup enam poin dari dua pertandingan.

Skuad “Gajah Perang” mengungguli Indonesia yang berada di posisi kedua, lantaran mereka memiliki selisih gol +9.

Indonesia, yang juga berpoin enam dari dua laga, mempunyai selisih gol +8. Sementara Kamboja ada di peringkat ketiga dengan tiga poin dari dua laga (selisih gol 0), diikuti Filipina (tiga poin, tiga laga, selisih gol -1) dan Brunei Darussalam (nol poin, tiga laga, selisih gol -16).

Dengan demikian, Brunei Darussalam yang tinggal menyisakan satu laga versus Kamboja dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2022.

Dari laga kontra Filipina, Thailand mengungguli lawannya itu dari semua aspek.

Tim asuhan pelatih Alexandre Polking menorehkan penguasaan bola 58,3 persen, melakukan 22 kali percobaan di mana 12 di antaranya tepat sasaran dan berhasil mencatatkan akurasi umpan 89,3 persen.

Sementara Filipina cuma memiliki 41,7 persen penguasaan bola, total tiga tembakan yang dua di antaranya mengarah ke target dan akurasi umpan 82,9 persen.

Berikutnya pada lanjutan Grup A, Kamis (29/12), Thailand akan bersua dengan Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, mulai pukul 16.30 WIB.

Pemenang pertandingan tersebut akan dipastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Pada hari yang sama, Kamboja akan menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Nasional Morodok Techo, Phnom Penh.

(Wisnu)