Sejumlah penumpang saat akan menaiki kereta di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2017). Selama libur Natal dan Tahun Baru PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat jumlah penumpang mengalami peningkatan hingga 10%. Dari jumlah tersebut, tiket keberangkatan baik dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen pun habis terjual. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Stasiun Gambir di Jakarta Pusat dipadati penumpang yang akan mudik ke kampung halaman pada Jumat malam atau H-4 menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H yang diperkirakan jatuh pada Selasa (4/6).

Pemudik terlihat memadati seluruh sudut di kawasan Stasiun Gambir, mulai dari tempat tunggu penumpang, hingga tempat makan yang terdapat di kawasan tersebut. Terlihat juga banyak pemudik yang duduk di lantai stasiun sambil menunggu ketibaan kereta.

Menurut Ramadhan, penumpang tujuan Surabaya, ia dan keluarganya lebih menyukai mudik dengan moda transportasi kereta karena menyukai suasana kebersamaan yang terjadi saat perjalanan menggunakan kereta.

“Saya lebih suka naik kereta daripada bus atau pesawat karena suka sama suasananya. Perjalanan dengan kereta kan agak lama, jadi terasa kebersamaan dengan keluarga,” kata Ramadhan.

Sementara, Devi, salah seorang pemudik mengatakan bahwa dirinya memilih kereta api sebagai moda transportasi mudik karena harga tiketnya yang tidak terlalu mahal dan durasi perjalanannya pun tidak selama jika menggunakan bus.

(Abdul Hamid)