Tim inspeksi memeriksa kondisi rel KA

Semarang, Aktual.com —Direksi Keamanan PT Kereta Api Indonesia memastikan status aman kondisi lintasan jalur rel sepanjang Jakarta-Surabaya menjelang Idul Fitri 2015. Pemeriksaan rel itu dilakukan sidak lintas mulai dari stasiun Tawang Semarang hingga Stasion Ngrombon selama sehari, Sabtu (13/6).

Direksi Keamanan PT KAI Chandra Purnama menyatakan status aman perlintasan rel itu berdasarkan hasil sidak dengan kendaraan khusus inspeksi dengan roda sepanjang 58,6 kilometer.

“Sepanjang Semarang-Purwodadi melintasi sebanyak delapan stasiun, antara lain Semarang Tawang, Alastua, Brumbung, Tegowanu, Gubug, Karangjati, Sedadi, danNgrombo,” ungkap dia dalam keterangan pers diterima Aktual.com.

Ia menyebutkan objek pemeriksaan pada daerah sambungan, bagian rel untuk perpindahan jalur (wesel-red),  kondisi peralatan persinyalan, palang pintu perlintasan, kondisi jembatan, kondisi bangunan stasiun dan melaksanakan pembinaan terhadap para personil dilapangan.

Pada inspeksi ini, ia mengingatkan kepada para personil operasional, agar selalu merawat dan mengoperasionalkan peralatan persinyalan sesuai dengan standar operasional prosedur dalam peraturan dinas ada di PT KAI.

“Kita harus berkerja sesuai dengan SOP yang ada, karena hal tersebut sudah menjadi sesuatu yang wajib dilaksanakan oleh para personil dilapangan, agar keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api bisa terjamin,” ujarnya.

Secara umum, dirinya menyebut hasil pemeriksaan diyatakan kondisi lintas Semarang Tawang – Ngorombo dinyatakan layak dan siap menyukseskan angkutan lebaran 2015 yang tinggal beberapa minggu lagi akan tiba.