Jakarta, Aktual.co — Sistem operasi Android yang ditanamkan pada ponsel pintar banyak memiliki kemampuan yang tersembunyi, kadang kita tidak mengetahui dan tidak menggunakannya secara maksimal.

Salah satu contohnya yakni, ponsel LG G3, Galaxy S4 dan Nexus 5. Dalam smatphone tersebut, banyak fitur yang belum dimanfaatkan secara maksimal bagi kebanyakan pengguna.

Seperti Aktual.co kutip dari Androidpit, berikut fitur-fitur yang tersembunyi dalam accessibility setting mampu meningkatkan kecanggihan fitur ponsel pintar Anda.

1. Magnification gestures
Fitur Magnification gestures ini layaknya one-handed google maps gesture, Anda tinggal menyentuhnya untuk melakukan perbesaran atau memperkecil obyek. Jika fitur ini diaktifkan maka anda dapat melakukan perbesaran dengan tiga kali sentuh (tap) dan tiga kali sentuh lagi untuk memperkecil obyek.

Jika tiga tap dan ditahan, perbesaran akan tertahan secara sementara seputar tap. Lepaskan kembali tap agar kembali normal.

2. Text-to-Speech
Kebanyakan orang mengetahui fitur ini karena Android menjadikan sebagai fitur standar. Anda dapat men-download bahasa yang sesuai untuk mempermudah mesin pencari menemukan kata yang dimaksud.

Pemakaian Text-to-Speech sangat simpel dan mudah. Konten dapat disimpan terlebih dahulu, ketika sedang santai, konten tersebut dapat didengarkan dengan mudah sambil melakukan persiapan melakukan pekerjaan sesudahnya.

3. Perubahan warna dasar
Jika Anda memiliki ponsel samsung dan tidak menyukai latarbelakang tampilan yang gelap, Anda dapat mengaturnya dalam accessibility setting dan tandai pada negative collors. Et Voila, tampilan backgound ponsel Anda akan berubah menjadi putih.

Hal tersebut juga dapat Anda lakukan pada ponsel LG G3 dengan nama invert colors. Namun, seperti yang bakal Anda lihat, ada beberapa kombinasi warna yang dapat anda atur sesuai selera.

4. Talkback/Explore by Touch
Fitur ini akan sangat berfungsi bagi Anda yang memakai kacamata lupa memakainya atau sedikit bermasalah dengan mata. Fitur ini akan memberikan umpan balik dengan suara, icon dan perintah mana yang Anda pilih.

5. Kontrol Interaksi
Kontrol interaksi pada Samsung ada pada menu accessbility atau dengan menakan tombol home dan volume turun secara bersamaan. Kontrol ini memberikan pilihan terhadap gerakan (gesture) dan setting layar mati.

Anda juga dapat mematikan area sentuh untuk input perintah, seperti icon status dan notifikasi. (Laporan: Ismed Eka)

()