Jakarta, Aktual.com – Tim investigasi dari TNI Angkatan Darat menemukan adanya pelanggaran standar operasi prosedur (SOP) dalam penggunaan Tank M113 A1 milik Yonif Mekanis Riader 412 Kostrad di Sungai Bogowonto, Purworejo, Jawa Tengah, sehingga tank tersebut terperosok dan menyebabkan dua orang meninggal dunia.

Asisten Pengamanan KSAD Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, ada prosedur yang salah dalam pelaksanaan kegiatan outbound PAUD Ananda yang dilaksanakan di Yonif Mekanis 412/Kostrad.

“Dari hasil investigasi yang dibentuk tim AD, disimpulkan bahwa terdapat kesalahan prosedur yang tidak dijalankan sesuai SOP pengamanan sehingga menimbulkan kecelakaan dan menyebabkan dua orang meninggal dunia,” katanya, Rabu (21/3).

Selain itu, acara outbond dengan menggunakan tank juga tidak dilaporkan kepada komando atas, sehingga pengawasan tidak dilakukan secara benar. Menurut Nur Rahmad, kegiatan outbound tidak seharusnya menggunakan kendaraan tempur, seperti tank.

“Kegiatan outbound pakai tank tidak sesuai standar prosedur melintasi air oleh personel. Akibatnya tank terperosok,” katanya.

(Andy Abdul Hamid)
1
2