Jayapura, aktual.com – Komandan Korem 172/PWY, Brigadir Jenderal TNI JO Sembiring, menyatakan, aparat keamanan TNI-Polri akan mengejar dan menangkap dua gembong kelompok bersenjata di Oksibil, yaitu Ananias Mimin dan Nason Mimin.

“TNI-Polri akan mengejar dan menangkap kedua pimpinan KSB yang selama ini melakukan aksi teror terhadap masyarakat,” kata Sembiring, di Sentani, Papua, Jumat (13/1).

Ia bilang, berbagai persiapan saat ini sudah dilakukan sehingga bila kelompok bersenjata tidak segera menyerah maka tindakan hukum yang terukur pasti ditimpakan pada mereka.

Ananias Mimin merupakan gembong organ yang mereka sebut sebagai Kodap XXXV Bintang Timur, dan rekannya Nason Mimin saat ini menyebar teror, baik itu pembakaran maupun penembakan di sekitar Oksibil.

“Saya sudah perintahkan kepada anggota untuk mengejar dan menangkap mereka secara terukur,” kata dia.

Ia mengatakan, saat ini pasukan sudah dikerahkan untuk mengamankan wilayah itu sehingga masyarakat diminta untuk tidak takut dalam beraktivitas.

TNI-Polri akan berupaya mengamankan masyarakat dari berbagai gangguan termasuk yang dilakukan kelompok bersenjata sehingga diharapkan masyarakat Oksibil tidak lagi keluar dari daerah itu.

“Kami akan berupaya mengembalikan rasa aman sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas tanpa diliputi ketakutan,” kata Sembiring.

Sejak 7 hingga 9 Januari 2023, gerombolan bersenjata menebar teror di sekitar Oksibil yaitu menembak tukang ojek, membakar gedung SMKN 1 dan Kantor Disdukcapil Pegubin serta menembaki pesawat sipil milik Ikairos.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)