Jakarta, Aktual.co — Tol Cikampek – Palimanan sepanjang 116,7 km yang menjadi tol terpanjang di Indonesia siap beroperasi sebelum bulan Ramadhan tiba.

“Tol ini sudah siap 99 persen dan sudah siap beroperasi sebelum Ramadhan tiba, nanti presiden akan meresmikannya,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono pada saat peninjauan tol Cikampek-Palimanan, Jawa Barat, ditulis Rabu (1/6).

Pantauan, jalan tol yang terdiri dari kombinasi beton dan aspal tersebut masih dalam tahap pengerjaan pemasangan rambu-rambu lalu lintas.

Menteri Basuki mengatakan setelah jalan tersebut beroprasi dapat mengurangi kemacetan hingga 40 persen di jalur pantura.

Namun karena ini tol baru, pasti akan banyak kendaraan yang melewatinya, oleh sebab itu agar tidak terjadi penumpukan pada saat arus mudik, Polisi akan mengatur arus kendaraan agar tidak terlalu banyak kendaraan yang masuk di tol tersebut.

Di dalam jalan tol tersebut akan ada delapan area peristiraahtan, empat area peristirahaatan kelas A yang memiliki tempat pengisian bensin, serta empat lagi area peristirahatan kelas B. Sebanyak 99 jembatan juga telah di bangun sepanjang jalan tol tersebut, tinggal jembatan Ciherang yang masih dalam pengerjaan, dalam tol tersebut juga ada jembatan penyebrangan buat penduduk sekitar.

“Melalui jalan tol ini, masyarakat bisa terus jalan dari Cikampek terus ke Brebes Timur tanpa harus keluar tol,” kata Menteri Basuki.

Jalan tol tersebut dioperasikan oleh PT Lintas Marga Sejahtera. Sementara itu mengenai tarif tol, pemerintah belum dapat memastikannya.

(Ant)

()