Penyerang Tottenham Hotspur Harry Kane saat merayakan gol keduanya yang mengunci kemenangan dramatis atas Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Sabtu (19/2/2022) waktu setempat. (Instagram Spursofficial)

Jakarta, Aktual.com – Harry Kane mengantarkan Tottenham Hotspur meraih kemenangan dramatis 3-2 atas Manchester City di Stadion Etihad dalam laga pekan ke-26 Liga Inggris, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Kane mencetak gol keduanya pada menit kelima perpanjangan waktu babak kedua, hanya tiga menit setelah City menyamakan kedudukan melalui Riyad Mahrez yang mengkonversi hadiah penalti kontroversial tuan rumah.

Hasil ini mengakhiri tren positif City yang nirkalah dalam 15 pertandingan sebelumnya. City terakhir kali menelan kekalahan pada akhir Oktober 2021 saat dipecundangi oleh Crystal Palace.

City tetap menduduki puncak klasemen dengan raihan 63 poin, tetapi keunggulan mereka terpangkas jadi enam poin sebab Liverpool menang di pertandingan lebih awal. Jarak itu terancam semakin menipis mengingat Liverpool punya satu laga tunda kontra Leeds United pada Rabu (23/2) pekan depan.

Sementara bagi Tottenham ini jadi hasil yang mengeluarkan tim besutan Antonio Conte itu dari kubangan tiga kekalahan beruntun. Tottenham naik ke posisi ketujuh dengan raihan 39 poin, demikian catatan situs resmi Liga Inggris.

Rekrutan Januari lalu, Dejan Kulusevski, membawa Tottenham unggul saat laga baru berusia empat menit dengan penyelesaian mudah memanfaatkan umpan matang Son Heung-min di muka gawang yang menganga.

Setelah tembakan melengkungnya membentur tiang gawang, Ilkay Gundogan sukses membantu City menyamakan kedudukan pada menit ke-33 dengan kecermatan memanfaatkan bola liar yang jatuh dari pelukan kiper Hugo Lloris atas umpan silang berbahaya Raheem Sterling.

Skor imbang bertahan hingga turun minum sampai akhirnya Tottenham sukses merestorasi keunggulan pada menit ke-59 melalui gol pertama Kane yang tenang memperdaya kiper Ederson Moraes, menyelesaikan umpan silang Son.

Kane kembali menjebol gawang tuan rumah pada menit ke-74, tapi kali ini golnya dianulir oleh VAR karena Kulusevski divonis sudah terlebih dulu terjebak offside.

Sementara itu, upaya City membalas tak kunjung membuahkan hasil hingga VAR turun tangan meninjau insiden di dalam kotak terlarang Tottenham semenit jelang bubaran waktu normal dengan dugaan Cristian Romeo melakukan pelanggaran handball atas bola tembakan Bernardo Silva.

Tinjauan berlarut-larut berlangsung hingga akhirnya wasit Anthony Taylor menghadiahi tendangan penalti yang sukses dikonversi Mahrez pada menit kedua perpanjangan waktu demi membuat kedudukan kembali imbang 2-2.

Namun, tiga menit kemudian Kane mematahkan hati publik tuan rumah setelah menanduk umpan silang Kulusevski ke pojok kanan gawang City untuk membawa Tottenham memimpin lagi 3-2.

Perpanjangan waktu diberikan selama tujuh menit berdasar papan yang diperlihatkan ofisial keempat di tepi lapangan, tapi laga terus berlangsung dan peluit bubaran baru terdengar setelah sembilan menit di mana Tottenham sukses membawa pulang tiga poin penuh dari markas City.

Di pertandingan selanjutnya, City akan bertandang ke Goodison Park menghadapi Everton pada Minggu (27/2) pekan depan, sedangkan Tottenham akan memainkan satu laga tunda di markas Burnley empat hari sebelumnya.

(Dede Eka Nurdiansyah)